Menyibak Tabir Misteri Nusantara

peta-jawa.jpgKeberadaan blog ini saya persembahkan untuk seluruh rakyat nusantara sebagai ungkapan rasa keprihatinan atas carut marut yang sedang terjadi di bumi pertiwi ini. Berawal dari komunikasi intensif saya dengan bapak Tri Budi Marhaen Darmawan (penulis Surat Terbuka kepada SBY) telah membawa saya kepada pencerahan cakrawala pemahaman tentang apa dan bagaimana kejadian yang tengah berlangsung dan prediksi yang akan terjadi di negeri ini. Bahkan tidak berlebihan kalau saya katakan bahwa ini merupakan suatu upaya membedah warisan leluhur yang sarat dengan perlambang sehingga sedikit demi sedikit terkuak tabir misteri jagad nusantara ini. Sangat luar biasa. Hal ini sepatutnya bisa dipahami oleh seluruh anak cucu leluhur bangsa ini sebagai pewaris sah tataran tanah surgawi yang bernama Nusantara.

Hasil kajian spiritual bapak Tri Budi Marhaen Darmawan berusaha saya pahami dengan “rasa naluri” yang mendalam dengan tanpa mengabaikan logika berpikir sehat. Memang banyak hal sulit ditelusuri melalui referensi buku-buku sejarah atau dengan bukti-bukti empiris yang ada, namun dengan semangat menguak tabir misteri untuk lebih memahami fenomena yang terjadi saat ini, maka segala sesuatunya yang dapat saya cerna berusaha saya ungkapkan secara sederhana apa adanya di dalam blog ini. Ibarat mencari mata rantai yang hilang (missing link), nampaknya misteri yang ditinggalkan pasca keruntuhan Majapahit (500 tahun yang lalu) mulai terlihat secara samar-samar. Sayapun mulai memahami apa makna yang tersirat dari saran bapak Tri Budi Marhaen Darmawan kepada SBY di dalam Surat Terbukanya kepada SBY sbb :

”Kumpulkanlah ahli-ahli Thoriqoh negeri ini yaitu mursyid/syeh-syeh yang telah mencapai maqom ma’rifat “Mukasyafah”, Pedanda-pedanda sakti agama Hindu, Bhiksu-bhiksu agama Budha yang telah sempurna, serta kasepuhan waskito dari Keraton Jogja, Solo & Cirebon, untuk bersama-sama memohon petunjuk kepada Allah SWT  mencari siapa sosok orang yang mampu mengatasi keadaan ini dan mencari jawab dari misteri ramalan para leluhur di atas. Gunakan 4 point panduan saya untuk memandu mereka. Insya Allah, jika Allah Azza wa Jalla memberikan ijin dan ridho-Nya akan diketemukan jawabannya.”   

Walaupun Surat Terbuka tersebut tidak mendapat tanggapan dari yang bersangkutan presiden SBY, namun saya memiliki keyakinan bahwa beliau bapak Tri Budi Marhaen Darmawan “mengetahui” banyak hal tentang fenomena  jagad nusantara ini. Tanpa berniat mengundang perdebatan, semoga ungkapan saya dapat menjadi bahan perenungan kita bersama guna menyongsong fajar kejayaan Nusantara yang kita cintai. Saya berharap, apabila ada komentar-komentar yang masuk dari para blogger, mohon dilandasi dengan sikap penuh ketulusan dan tawadhu’ jauh dari rasa riya’ dan ujub.

Memahami Makna Karya Warisan Leluhur Nusantara

Terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih kepada bapak Tri Budi Marhaen Darmawan atas pemberian referensi-referensinya berupa naskah : Bait-bait syair terakhir Ramalan Joyoboyo, Kitab Musarar Joyoboyo, Uga Wangsit Siliwangi, Serat Darmagandhul, dan Ramalan Ronggowarsito. Setelah saya membaca dan berusaha memahami dengan segala perenungan, maka sayapun menjadi takjub dibuatnya akan karya-karya beliau para leluhur kita. Antara satu dengan lainnya walaupun berbeda masa/periode yang jauh berselang, namun ternyata di dalam perlambangnya memiliki saling keterkaitan. Suatu perlambang dalam suatu karya menunjuk kepada perlambang atau karakter yang lain di dalam karya leluhur yang berbeda. Saya merasakan bahwa tanpa intervensi kemampuan spiritual yang tinggi akan sangat sulit memahami keterkaitan perlambang-perlambang ini. Dan fenomena ini membuktikan bahwa hanya dengan mengandalkan akal penalaran saja akan mengantarkan kita kepada jalan buntu. Akhirnya menyerah pada keputusasaan dengan menganggap bahwa ini semua merupakan sekedar ramalan yang tidak berguna. Masing-masing orang bisa saja menafsirkan hal tersebut dengan penafsiran yang berbeda-beda. Tidak ada yang melarang. Bebas-bebas saja. Benar tidaknya kembali kepada diri kita masing-masing. Inilah tabir misteri. Kebenaran sejati adanya di dalam nurani yang suci dan bersih. Dalam blog ini referensi-referensi tersebut dapat dibaca secara lengkap pada kolom Wasiat Nusantara.

 

Uga Wangsit Siliwangi
Saya akan mengawali dengan menandai suatu masa yang dikatakan dalam naskah Wangsit Siliwangi sbb :
“Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. da puguh titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala!”
(“Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal dari orang biasa. Tapi memang keturunan raja dahulu kala dan ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata. Karena jelas keturunan raja; penguasa baru susah dianiaya!”)

Inilah Soekarno presiden pertama NKRI. Ibunda Soekarno adalah Ida Ayu Nyoman Rai seorang putri bangsawan Bali. Ayahnya seorang guru bernama Raden Soekeni Sosrodihardjo. Namun dari penelusuran secara spiritual, ayahanda Soekarno sebenarnya adalah Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X. Nama kecil Soekarno adalah Raden Mas Malikul Koesno. Beliau termasuk “anak ciritan” dalam lingkaran kraton Solo. (Silakan dibuktikan..)

 

Lalu pada alinea menjelang akhir dikatakan :
”Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi, bongan kacarida teuing nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana? Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang.”
(”Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mukjizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri, kapan waktunya? nanti, saat munculnya pemuda gembala! Di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar, dipimpin oleh pemuda gendut! sebabnya bertengkar? memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.”)

Kalau kita perhatikan dengan cermat alinea ini, maka memang saat ini seluruh rakyat sedang berharap-harap menunggu datangnya mujizat di tengah-tengah carut marut yang sedang berlangsung di negeri ini. Lebih-lebih utamanya rakyat korban lumpur Lapindo yang kian hari kian sengsara. Dan akhir-akhir ini banyak terjadi kasus perebutan tanah di mana-mana di tataran wilayah nusantara. Fenomena ini ditandai dengan kasus Pasuruan baru-baru ini yang membawa 4 korban tewas.

 

Dalam mengkaji Wangsit Siliwangi ini kita akan menemui lelakon atau pemeran utama yang dikatakan dengan istilah “pemuda gembala” (budak angon) dan “pemuda berjanggut” (budak janggotan). Coba mari kita simak alinea berikut :
”Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné!”
(”Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar ternyata mereka memperebutkan pepesan kosong, sebab tanah sudah habis oleh mereka yang punya uang. Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar ketakutan, ketakutan kehilangan negara, lalu mereka mencari anak gembala, yang rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi pemuda gembala sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné!”)

Dimanakah Lebak Cawéné ? Lebak Cawéné adalah suatu lembah seperti cawan, yang dikatakan di dalam Kitab Musarar Joyoboyo sebagai Gunung Perahu. Tempat itu digambarkan sebagai suatu lembah atau bukit dimana permukaannya cekung seperti tertumbuk perahu besar. Dikatakan oleh bapak Tri Budi Marhaen Darmawan, secara gambaran spiritual, di tempat itu terdapat 2 sumber air besar dan ditandai dengan 3 pohon beringin (Ringin Telu).

 

Lanjutnya :
”Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati. Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon! Jig geura narindak! Tapi, ulah ngalieuk ka tukang!”
(”Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati. Dengarkan! jaman akan berganti lagi, tapi nanti, Setelah Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang sunda dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang sejati. Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, carilah pemuda gembala. Segeralah pergi, ingat jangan menoleh kebelakang!”)

Perlambang gagak berkoar di dahan mati bermakna situasi dimana banyak suara-suara tanpa arti. Rakyat menjerit-jerit, penguasa mengumbar janji-janji kosong. Sedangkan negara digambarkan banyak ditimpa bencana. Lalu, siapakah ”budak angon” itu ? Dari bait tersebut diperlambangkan bahwa budak angon adalah orang sunda atau berdarah sunda. Hal ini akan kita bedah lagi setelah sampai pada kesimpulan setelah kita mengkaji karya-karya leluhur lainnya.

 

Kitab Musarar Jayabaya
Di dalam naskah inipun saya akan mengawali dengan menandai suatu masa atau periode dalam Sinom bait 18 yang berbunyi :
”Dene jejuluke nata, Lung gadung rara nglikasi, Nuli salin gajah meta, Semune tengu lelaki, Sewidak warsa nuli, Ana dhawuhing bebendu, Kelem negaranira, Kuwur tataning negari, Duk semana pametune wong ing ndesa.”
(”Nama rajanya Lung gadung rara nglikasi kemudian berganti gajah meta semune tengu lelaki. Enam puluh tahun menerima kutukan sehingga tenggelam negaranya dan hukum tidak karu-karuan. Waktu itu pajaknya rakyat adalah..”)

Lung gadung rara nglikasi memiliki makna yaitu pemimpin yang penuh inisiatif (cerdas) namun memiliki kelemahan mudah tergoda wanita. Perlambang ini menunjuk kepada presiden pertama RI, Soekarno. Sedangkan Gajah meta semune tengu lelaki bermakna pemimpin yang kuat karena disegani atau ditakuti namun akhirnya terhina atau nista. Perlambang ini menunjuk kepada presiden kedua RI, Soeharto. Dalam bait ini juga dikatakan bahwa negara selama 60 tahun menerima kutukan sehingga tidak ada kepastian hukum. Ingat, usia kemerdekaan NKRI saat ini menjelang 62 tahun.

 

Dalam bait 20 dikatakan :
”Bojode ingkang negara, Narendra pisah lan abdi, Prabupati sowang-sowang, Samana ngalih nagari, Jaman Kutila genti, Kara murka ratunipun, Semana linambangan, Dene Maolana Ngali, Panji loro semune Pajang Mataram.”
(”Negara rusak. Raja berpisah dengan rakyat. Bupati berdiri sendiri-sendiri. Kemudian berganti jaman Kutila. Rajanya Kara Murka. Lambangnya Panji loro semune Pajang Mataram.”)

Bait ini menggambarkan situasi negara yang kacau. Pemimpin jauh dari rakyat, dan dimulainya era baru dengan apa yang dinamakan otonomi daerah sebagai implikasi bergulirnya reformasi (Jaman Kutila). Karakter pemimpinnya saling jegal untuk saling menjatuhkan (Raja Kara Murka). Perlambang Panji loro semune Pajang – Mataram bermakna ada dua kekuatan pimpinan yang berseteru, yang satu dilambangkan dari trah Pajang (Joko Tingkir), dan yang lain dilambangkan dari trah Mataram (Pakubuwono). Hal ini menunjuk kepada era Gus Dur dan Megawati.

 

Lalu pada bait 21 tertulis :
”Nakoda melu wasesa, Kaduk bandha sugih wani, Sarjana sirep sadaya, Wong cilik kawelas asih, Mah omah bosah-basih, Katarajang marga agung, Panji loro dyan sirna, Nuli Rara ngangsu sami, Randha loro nututi pijer tetukar.”
(”Nakhoda ikut serta memerintah. Punya keberanian dan kaya. Sarjana tidak ada. Rakyat sengsara. Rumah hancur berantakan diterjang jalan besar. Kemudian diganti dengan lambang Rara ngangsu, randha loro nututi pijer tetukar.”)

Situasi negara dalam bait ini digambarkan bahwa kekuatan asing memiliki pengaruh yang sangat besar. Orang arif dan bijak dilambangkan tidak berdaya. Kondisi rakyat makin sengsara saja. Perlambang Rara ngangsu, randha loro nututi pijer tetukar bermakna seorang pemimpin wanita yang selalu diintai oleh dua saudara wanitanya seolah ingin menggantikan. Perlambang ini menunjuk kepada Megawati, presiden RI kelima yang selalu dibayangi oleh Rahmawati dan Sukmawati.

 

Pada bait 22 dikatakan :
Tan kober paes sarira, Sinjang kemben tan tinolih, Lajengipun sinung lambang, Dene Maolana Ngali, Samsujen Sang-a Yogi, Tekane Sang Kala Bendu, Ing Semarang Tembayat, Poma den samya ngawruhi, Sasmitane lambang kang kocap punika.”
(”Tan kober paes sarira, Sinjang kemben tan tinolih itu sebuah lambang yang menurut Seh Ngali Samsujen datangnya Kala Bendu. Di Semarang Tembayat itulah yang mengerti/memahami lambang tersebut.”)

Perlambang Tan kober paes sarira, Sinjang kemben tan tinolih bermakna pemimpin yang tidak sempat mengatur negara karena direpotkan dengan berbagai masalah. Ini menunjuk kepada presiden RI keenam saat ini yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan perlambang Semarang Tembayat merupakan tempat dimana seseorang memahami dan mengetahui solusi dari apa yang terjadi. Semarang Tembayat merupakan tempat yang masih misteri dimana di dalam Surat Terbuka kepada SBY bapak Tri Budi Marhaen Darmawan menggambarkan sbb :

Jawaban dan solusi guna mengatasi carut marut keadaan bangsa ini ada di “Semarang Tembayat” yang telah diungkapkan oleh Prabu Joyoboyo. Guna membantu memecahkan misteri ini dapatlah saya pandu sebagai berikut :

  1. Sunan Tembayat adalah Bupati pertama Semarang. Sedangkan tempat yang dimaksud adalah lokasi dimana Kanjeng Sunan Kalijaga memerintahkan kepada Sunan Tembayat untuk pergi ke Gunung Jabalkat (Klaten). Secara potret spiritual, lokasi itu dinamakan daerah “Ringin Telu” (Beringin Tiga), berada di daerah pinggiran Semarang.
  2. Semarang Tembayat juga bermakna Semarang di balik Semarang. Maksudnya adalah di balik lahir (nyata), ada batin (gaib). Kerajaan gaib penguasa Semarang adalah “Barat Katiga”. Insya Allah lokasinya adalah di daerah “Ringin Telu” itu.
  3. Semarang Tembayat dapat diartikan : SEMARANG TEMpatnya BArat DaYA Tepi. Dapat diartikan lokasinya adalah di Semarang pinggiran arah Barat Daya.”

Kemudian pada bait 27 berbunyi :
”Dene besuk nuli ana, Tekane kang Tunjung putih, semune Pudhak kasungsang, Bumi Mekah dennya lair, Iku kang angratoni, Jagad kabeh ingkang mengku, Juluk Ratu Amisan, Sirep musibating bumi, Wong nakoda milu manjing ing samuwan,”
(“Kemudian kelak akan datang Tunjung putih semune Pudak kasungsang. Lahir di bumi Mekah. Menjadi raja di dunia, bergelar Ratu Amisan, redalah kesengsaraan di bumi, nakhoda ikut ke dalam persidangan.”)

Perlambang Tunjung putih semune Pudak kasungsang memiliki makna seorang pemimpin yang masih tersembunyi berhati suci dan bersih. Inilah seorang pemimpin yang dikenal banyak orang dengan nama “Satrio Piningit”. Lahir di bumi Mekah merupakan perlambang bahwa pemimpin tersebut adalah seorang Islam sejati yang memiliki tingkat ketauhidan yang sangat tinggi.

Sedangkan bait 28 tertulis :
”Prabu tusing waliyulah, Kadhatone pan kekalih, Ing Mekah ingkang satunggal, Tanah Jawi kang sawiji, Prenahe iku kaki, Perak lan gunung Perahu, Sakulone tempuran, Balane samya jrih asih, Iya iku ratu rinenggeng sajagad.”
(“Raja utusan waliyullah. Berkedaton dua di Mekah dan Tanah Jawa. Letaknya dekat dengan gunung Perahu, sebelah barat tempuran. Dicintai pasukannya. Memang raja yang terkenal sedunia.”)

Bait ini menggambarkan bahwa pemimpin tersebut adalah hasil didikan/tempaan seorang waliyullah (aulia) yang juga selalu tersembunyi. Berkedaton di Mekah dan Tanah Jawa merupakan perlambang yang bermakna bahwa pemimpin tersebut selain ber-Islam sejati namun juga berpegang teguh pada kawruh Jawa (ajaran leluhur Jawa). Sedangkan gunung Perahu seperti telah disinggung di atas adalah Lebak Cawéné. Kembali lagi, dimana tempatnya ? Kita telah membaca bait 22 di atas. Ya di Semarang Tembayat itu tempatnya. Sedangkan tempuran adalah pertemuan dua sungai di muara yang biasanya digunakan untuk tempat bertirakat ”kungkum” bagi orang Jawa. Namun disini tempuran bermakna ”watu gilang” sebagai tempat pertemuan alam fisik dan alam gaib. Dalam kebudayaan Jawa keberadaan watu gilang sangat lekat dengan eksistensi seorang raja. Insyaallah.. Pemimpin tersebut akan mampu memimpin nusantara ini dengan baik, adil dan membawa kepada kesejahteraan rakyat, serta menjadikan nusantara sebagai ”barometer dunia” (istilah Bung Karno : ”negara mercusuar”).

 

Bait-Bait Terakhir Ramalan Joyoboyo
Dalam bait-bait terakhir ramalan Joyoboyo digambarkan suasana negara yang kacau penuh carut marut serta terjadi kerusakan moral yang luar biasa. Namun dengan adanya fenomena tersebut kemudian digambarkan munculnya seseorang yang arif dan bijaksana yang mampu mengatasi keadaan. Berikut adalah cuplikan bait-bait tersebut yang menggambarkan ciri-ciri atau karakter seseorang itu :

159.
selet-selete yen mbesuk ngancik tutuping tahun sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu; bakal ana dewa ngejawantah; apengawak manungsa; apasurya padha bethara Kresna; awatak Baladewa; agegaman trisula wedha; jinejer wolak-waliking zaman; …
(selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun (akhir Kalabendu, menjelang Kalasuba); akan ada dewa tampil; berbadan manusia; berparas seperti Batara Kresna; berwatak seperti Baladewa; bersenjata trisula wedha; tanda datangnya perubahan zaman; …)

160.
…; iku tandane putra Bethara Indra wus katon; tumeka ing arcapada ambebantu wong Jawa
(…; itulah tanda putra Batara Indra sudah nampak; datang di bumi untuk membantu orang Jawa)

162.
…; bala prewangan makhluk halus padha baris, pada rebut benere garis; tan kasat mata, tan arupa; sing madhegani putrane Bethara Indra; agegaman trisula wedha; momongane padha dadi nayaka perang perange tanpa bala; sakti mandraguna tanpa aji-aji
(…; pasukan makhluk halus sama-sama berbaris, berebut garis yang benar tak kelihatan, tak berbentuk; yang memimpin adalah putra Batara Indra, bersenjatakan trisula wedha; para asuhannya menjadi perwira perang; jika berperang tanpa pasukan; sakti mandraguna tanpa azimat)

163.
apeparap pangeraning prang; tan pokro anggoning nyandhang; ning iya bisa nyembadani ruwet rentenging wong sakpirang-pirang; …
(bergelar pangeran perang; kelihatan berpakaian kurang pantas; namun dapat mengatasi keruwetan banyak orang; …)

164.
…; mumpuni sakabehing laku; nugel tanah Jawa kaping pindho; ngerahake jin setan; kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda; landhepe triniji suci; bener, jejeg, jujur; kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong
(…; menguasai seluruh ajaran (ngelmu); memotong tanah Jawa kedua kali; mengerahkan jin dan setan; seluruh makhluk halus berada dibawah perintahnya bersatu padu membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda; tajamnya tritunggal nan suci; benar, lurus, jujur; didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong)

166.
idune idu geni; sabdane malati; sing mbregendhul mesti mati; ora tuwo, enom padha dene bayi; wong ora ndayani nyuwun apa bae mesthi sembada; garis sabda ora gentalan dina; beja-bejane sing yakin lan tuhu setya sabdanira; tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa; nanging inung pilih-pilih sapa
(ludahnya ludah api, sabdanya sakti (terbukti), yang membantah pasti mati; orang tua, muda maupun bayi; orang yang tidak berdaya minta apa saja pasti terpenuhi; garis sabdanya tidak akan lama; beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta menaati sabdanya; tidak mau dihormati orang se tanah Jawa; tetapi hanya memilih beberapa saja)

167.
waskita pindha dewa; bisa nyumurupi lahire mbahira, buyutira, canggahira; pindha lahir bareng sadina; ora bisa diapusi marga bisa maca ati; wasis, wegig, waskita; ngerti sakdurunge winarah; bisa pirsa mbah-mbahira; angawuningani jantraning zaman Jawa; ngerti garise siji-sijining umat; Tan kewran sasuruping zaman
(pandai meramal seperti dewa; dapat mengetahui lahirnya kakek, buyut dan canggah anda; seolah-olah lahir di waktu yang sama; tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati; bijak, cermat dan sakti; mengerti sebelum sesuatu terjadi; mengetahui leluhur anda; memahami putaran roda zaman Jawa; mengerti garis hidup setiap umat; tidak khawatir tertelan zaman)

168.
mula den upadinen sinatriya iku; wus tan abapa, tan bibi, lola; awus aputus weda Jawa; mung angandelake trisula; landheping trisula pucuk; gegawe pati utawa utang nyawa; sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan; sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda
(oleh sebab itu carilah satria itu; yatim piatu, tak bersanak saudara; sudah lulus weda Jawa; hanya berpedoman trisula; ujung trisulanya sangat tajam; membawa maut atau utang nyawa; yang tengah pantang berbuat merugikan orang lain; yang di kiri dan kanan menolak pencurian dan kejahatan)

170.
ing ngarsa Begawan; dudu pandhita sinebut pandhita; dudu dewa sinebut dewa; kaya dene manungsa; …
(di hadapan Begawan; bukan pendeta disebut pendeta; bukan dewa disebut dewa; namun manusia biasa; …)

171.
aja gumun, aja ngungun; hiya iku putrane Bethara Indra; kang pambayun tur isih kuwasa nundhung setan; tumurune tirta brajamusti pisah kaya ngundhuh; hiya siji iki kang bisa paring pituduh marang jarwane jangka kalaningsun; tan kena den apusi; marga bisa manjing jroning ati; ana manungso kaiden ketemu; uga ana jalma sing durung mangsane; aja sirik aja gela; iku dudu wektunira; nganggo simbol ratu tanpa makutha; mula sing menangi enggala den leluri; aja kongsi zaman kendhata madhepa den marikelu; beja-bejane anak putu
(jangan heran, jangan bingung; itulah putranya Batara Indra; yang sulung dan masih kuasa mengusir setan; turunnya air brajamusti pecah memercik; hanya satu ini yang dapat memberi petunjuk tentang arti dan makna ramalan saya; tidak bisa ditipu; karena dapat masuk ke dalam hati; ada manusia yang bisa bertemu; tapi ada manusia yang belum saatnya; jangan iri dan kecewa; itu bukan waktu anda; memakai lambang ratu tanpa mahkota; sebab itu yang menjumpai segeralah menghormati; jangan sampai terputus, menghadaplah dengan patuh; keberuntungan ada di anak cucu)

172.
iki dalan kanggo sing eling lan waspada; ing zaman kalabendu Jawa; aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa; cures ludhes saka braja jelma kumara; aja-aja kleru pandhita samusana; larinen pandhita asenjata trisula wedha; iku hiya pinaringaning dewa
(inilah jalan bagi yang ingat dan waspada; pada zaman kalabendu Jawa; jangan melarang dalam menghormati orang berupa dewa; yang menghalangi akan sirna seluruh keluarga; jangan keliru mencari dewa; carilah dewa bersenjata trisula wedha; itulah pemberian dewa)

173.
nglurug tanpa bala; yen menang tan ngasorake liyan; para kawula padha suka-suka; marga adiling pangeran wus teka; ratune nyembah kawula; angagem trisula wedha; para pandhita hiya padha muja; hiya iku momongane kaki Sabdopalon; sing wis adu wirang nanging kondhang; genaha kacetha kanthi njingglang; nora ana wong ngresula kurang; hiya iku tandane kalabendu wis minger; centi wektu jejering kalamukti; andayani indering jagad raya; padha asung bhekti
(menyerang tanpa pasukan; bila menang tak menghina yang lain; rakyat bersuka ria; karena keadilan Yang Kuasa telah tiba; raja menyembah rakyat; bersenjatakan trisula wedha; para pendeta juga pada memuja; itulah asuhannya Sabdopalon; yang sudah menanggung malu tetapi termasyhur; segalanya tampak terang benderang; tak ada yang mengeluh kekurangan; itulah tanda zaman kalabendu telah usai; berganti zaman penuh kemuliaan; memperkokoh tatanan jagad raya; semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi)

Sampai di sini kita akan dapat mulai memahami siapakah yang dikatakan oleh Joyoboyo dengan istilah Putra Betara Indra itu ? Bait-bait tersebut telah mengurai secara rinci tentang ciri-ciri dan karakter orang tersebut. Putra Betara Indra tidak lain dan tidak bukan adalah Waliyullah (aulia) yang tertulis di dalam sinom bait 28 pada Kitab Musarar Joyoboyo. Perlambang paras Kresna dan watak Baladewa bermakna satria pinandhita. Karena hakekat dua bersaudara Kresna dan Baladewa (Krishna Balarama) melambangkan kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Dimana Kresna melambangkan pencipta, sedangkan Baladewa melambangkan potensi kreativitas-Nya. Dua bersaudara Kresna dan Baladewa menghabiskan masa kanak-kanaknya sebagai penggembala sapi. Dengan hakekat ini setidaknya kita dapat meraba bahwa Putra Betara Indra adalah juga Pemuda Gembala (budak angon) yang telah dikatakan oleh Prabu Siliwangi di dalam Uga Wangsit Siliwangi.

Ramalan Tujuh Satrio Piningit Ronggowarsito
Di dalam ramalan Ronggowarsito dipaparkan ada tujuh satrio piningit yang akan muncul sebagai tokoh yang dikemudian hari akan memerintah atau memimpin wilayah seluas wilayah “bekas” kerajaan Majapahit , yaitu : Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro, Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar, Satrio Jinumput Sumelo Atur, Satrio Lelono Topo Ngrame, Satrio Hamong Tuwuh, Satrio Boyong Pambukaning Gapuro, Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu.

Selain masing-masing satrio itu menjadi ciri-ciri dari masing-masing pemimpin NKRI pada setiap masanya (seperti yang tertulis di dalam Surat Terbuka kepada SBY), ternyata tujuh satrio piningit itu melambangkan tujuh sifat yang menyatu di dalam diri seorang pandhita yang telah kita tahu adalah Putra Betara Indra = Waliyullah = Pemuda Gembala (budak angon) seperti telah diungkap di atas. Sifat-sifat itu bisa kita urai sbb :

  1. Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro
    melambangkan orang yang sepanjang hidupnya terpenjara namun namanya harum mewangi. Sifat ini hanya dimiliki oleh orang yang telah menguasai Artadaya (ma’rifat sebenar-benar ma’rifat). Diberikan anugerah kewaskitaan atau kesaktian oleh Allah SWT, namun tidak pernah menampakkan kesaktiannya itu. Jadi sifat ini melambangkan orang berilmu yang amat sangat tawadhu’.
  2. Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar
    melambangkan orang yang kaya akan ilmu dan berwibawa, namun hidupnya kesandung kesampar, artinya penderitaan dan pengorbanan telah menjadi teman hidupnya yang setia. Tidak terkecuali fitnah dan caci maki selalu menyertainya. Semua itu dihadapinya dengan penuh kesabaran, ikhlas dan tawakal.
  3. Satrio Jinumput Sumelo Atur
    melambangkan orang yang terpilih oleh Allah SWT guna melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjalankan missi-Nya. Hal ini dibuktikan dengan pemberian anugerah-Nya berupa ilmu laduni kepada orang tersebut.
  4. Satrio Lelono Topo Ngrame
    melambangkan orang yang sepanjang hidupnya melakukan perjalanan spiritual dengan melakukan tasawuf hidup (tapaning ngaurip). Bersikap zuhud dan selalu membantu (tetulung) kepada orang-orang yang dirundung kesulitan dan kesusahan dalam hidupnya.
  5. Satrio Hamong Tuwuh
    melambangkan orang yang memiliki dan membawa kharisma leluhur suci serta memiliki tuah karena itu selalu mendapatkan pengayoman dan petunjuk dari Allah SWT. Dalam budaya Jawa orang tersebut biasanya ditandai dengan wasilah memegang pusaka tertentu sebagai perlambangnya.
  6. Satrio Boyong Pambukaning Gapuro
    melambangkan orang yang melakukan hijrah dari suatu tempat ke tempat lain yang diberkahi Allah SWT atas petunjuk-Nya. Hakekat hijrah ini adalah sebagai perlambang diri menuju pada kesempurnaan hidup (kasampurnaning ngaurip). Dalam kaitan ini maka tempat yang ditunjuk itu adalah Lebak Cawéné = Gunung Perahu = Semarang Tembayat.
  7. Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu
    melambangkan orang yang memiliki enam sifat di atas. Sehingga orang tersebut digambarkan sebagai seorang pandhita atau alim ulama yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Maka hakekat Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu adalah utusan Allah SWT atau bisa dikatakan seorang aulia (waliyullah).

KESIMPULAN SEMENTARA

Dari apa yang telah saya ungkapkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sementara sebagai berikut :

  1. Satrio Piningit Pinandhita Sinisihan Wahyu yang diungkapkan oleh R.Ng. Ronggowarsito (1802 – 1873) adalah Pemuda Gembala (budak angon) yang dikatakan oleh Prabu Siliwangi (1482 – 1521) di dalam wangsitnya, juga adalah Putra Betara Indra (waliyullah) seperti yang telah ditulis oleh Joyoboyo (1135 – 1157). Dengan tafsir warisan karya leluhur tersebut di atas, dapat digambarkan bahwa seseorang yang dikatakan Satrio Pinandhita itu adalah orang Islam berdarah sunda namun menguasai dan memegang teguh kawruh (ajaran/ilmu) Jawa. Dan orang tersebut memiliki 7 sifat satrio di atas yang telah melebur di dalam dirinya.
  2. Lokasi yang dikatakan Lebak Cawéné oleh Prabu Siliwangi adalah juga Gunung Perahu menurut Joyoboyo, dan tempatnya di Semarang Tembayat seperti juga telah diungkapkan oleh Joyoboyo. Ditambahkan dengan gambaran spiritual menurut bapak Tri Budi Marhaen Darmawan di atas, maka tempat itu memiliki ciri-ciri terdapat 2 sumber air besar, 3 pohon beringin, dan keberadaan watu gilang. Diperkirakan tempat itu di pinggiran kota Semarang arah barat daya.

Mengapa saya katakan sebagai kesimpulan sementara ? Karena kesimpulan akhir ada pada tulisan : Menelisik Misteri Sabdo Palon. Selamat membaca…

(nurahmad)

About these ads
Published in: on Juni 10, 2007 at 1:52 pm  Comments (128)  

128 Komentar

  1. kalau nggak salah ada bait tan bapa tan biyung semune pudhak sinumpet atau sinumpet di alam pudhak

  2. sebuah kebesaran Allah yang Tlah menciptakan bumi dan segala isinya

  3. ehm saya gak terlalu intens ama serat jayabaya walaupun saya punya copian nya di buku adam makna,pangkal soal saya gak percaya dikarenakan bahasa yang digunakan dalam serat jayabaya or kitab musasar jayabaya adalah basa jawa baru dan musasar sendiri basa arab…artinya itu buku produk baru kalopun emang ada karya jayabaya mestinya itu dulu getok tular dan baru jaman islam dijadikan buku,jaman mataram…………saya ingat jayabaya ada di jaman kediri tentunya beliau pake bahasa jawa kali lama.bukannya saya skeptis dengan karya beliau
    cuman sekedar hati2 dalam menyikapi sebuah wacana berupa buku walau itu bagus sekalipun…
    tentang tokoh sabdo palon noyogenggong itu juga bisa sanepan simbol bukan berarti person or orang.
    salam

  4. Gubrakkk masuk sastra jawa neh bosssssss bingung guee

    lam kenal aja deh :P

  5. Bagus juga isinya, walau agak berat untuk dicerna…

  6. warisan dari leluhur ini memang perlu kita perhatikan, walaupun terdapat beberapa kejanggalan seperti yang disebutkan pada artikel terdahulu.
    yang perlu kita perhatikan adalah selama hal ini bisa berguna bagi bangsa secara baik dan benar, nggak ada salahnya kita jadikan acuan. memang agak sulit untuk bisa mendapatkan naskah peninggalan leluhur yang asli, karena kitab – kitab ini dibuat untuk melindungi / kepentingan penguasa pada masa itu.
    walau begitu pertanda yang diberikan oleh para leluhur melalui beberapa naskah yang dapat kita lihat disini, menunjukan beberapa kecocokan dengan kondisi yang ada sekarang. yang penting bagi kita adalah bagaimana kita bersama-sama membangun negara ini secara baik dan benar sehingga kebesaran negara ini dapat dicapai kembali.
    apa yang ada dalam benak saya adalah membangun bangsa ini dengan kedamaian dan cinta kasih, apabila dilihat dari sejarah bangsa ini setiap peristiwa penting selalu terjadi dengan pertumpahan darah…. mungkin sejarah seperti ini harus kita hilangkan dan digantikan dengan suatu kejadian yang damai tanpa intrik – intrik dan kekerasan.
    semoga…………….

  7. Saya pernah mendapatkan wangsit gaib yang mengatakan bahwa kelak negara Indonesia akan aman tentram ketika dipegang oleh orang yang berdarah sunda dan masih keturunan Pajajaran.
    Akan tetapi waktu kemunculan beliau tidak dijelaskan kapan.
    Yang jelas bukan di 2009 mudah2xan di 2015 beliau sudah muncul.

  8. makin cepat muncul makin baik…udah nggak betah sekali…

  9. Semua surat mengisyaratkan bahwa dikemudian hari akan lebih banyak permasalahan dari pada hari ini dan semua permasalah baru berhenti ketika manusia itu sendiri berhenti. Perubahan hanya bisa terjadi dimulai dari masing-masing pribadi, ratu adil seadil-adilnya apa bisa merubah bilamana tidak didukung oleh setiap pribadi yang terlibat. Mulailah perubahan dari diri sendiri lalu lingkungan terkecil dan dengan gethok-tular keseluruh negeri tercinta ini. mulailah dan tidak perlu menunggu 2009 atau tahun lainnya.
    Salam.

  10. Salam Kasih dan Damai u/ kita semua,
    Mudah2an Tuhan YME memberikan kedamaian dan kesejahteraan u/ kita semua, khususnya Nusantara ini agar cepat maju dan berkembang serta exist dan sebagai motivator di dunia internasional, Amin. Semoga sepuluh tahun kedepan perlahan-lahan bangsa ini dapat memperbaiki akhlak dan perekonomiannya, serta mendapatkan pemimpin2 yang amanah. Tunggu tanggal 10 November 2009, ada apa dengan beberapa wilayah tertentu di Jawa dan Bali????? kami berharapkan ada perubahan yang lebih baik, khususnya dalam kontex kesadaran spiritual dan kemanusiaan masyarakat Indonesia, Amin. Salam.

  11. http://ratuadilsatriapinandhita.wordpress.com/

  12. strio piningit akan datang untuk tanah air indonesia yang membentang jadi nusantara.oleh karena itu jangan dipungkiri hei kamu anak cucu adam.

  13. Asyik tulisan ini , jadi ngerti sejarah jawa.

    Berarti nenek moyang ku dulu juga hindu ya ?
    Tapi kenapa tiba tiba dan tak sadar diri agamaku jadi islam ?
    Siapa yg mengislamkanku?

    Perlu disayangkan, jaman sekarang orang jawa kehilangan jawanya.
    Yg aneh lagi orang jawa benci jawanya. dan justru bela mati matian yg bukan jawa. aneh.

  14. Saya yakin pada tanggal 10-Nov-2009 tidak akan terjadi apa2,apalagi segala macam Satrio Piningit yang hanya “gothak gathik gathuk”.Yang akan terjadi pada tanggal itu hanyalah peringatan Hari Pahlawan…tidak lebih dan tidak kurang

  15. Agree dengan Darma.
    Kalo bener2x berasal dari Jayabaya, harusnya yang dipake adalah bahasa sanskerta. Bukan bahasa jawa baru.

  16. Serat Dharmagandhul

    1.nama Manik Maya, punika kula,…..
    ( pengakuan Sabdo Palon bahwa ManikMaya adalah namanya = Manikmaya adalah nama kecil dari bathara Guru/ konteks saat ini adalah Tuhan YME – kesimpulan : Seseorang itu mempunyai Manik Maya/ Tuhan YME sebagai “pegangan” )
    2.Sabdapalon matur yen arêp misah, barêng didangu lungane mênyang ngêndi,ature ora lunga, nanging ora manggon ing kono, mung nêtêpi jênênge Sêmar,……
    ( Sabdo Palon memutuskan berpisah, tidak pergi meninggalkan tanah jawa tetapi juga tidak tinggal disana (Jawa Timur) hanya mengatakan meninggalkan nama semar ( semar = tersamar ) – kesimpulan : seseorang itu bisa tinggal di Jateng atau Jabar/ wilayah jawa yang lain / “tersamar”
    3.ing besuk yen ana wong Jawa ajênêng tuwa, agêgaman kawruh, iya iku sing diêmong Sabdapalon, wong jawan arêp diwulang wêruha marang bênêr luput
    4.woh wit kawruh, pênyêbute marang Kangjêng Nabi ‘Isa, agamane srani,
    ( Orang Jawa bernama “tua” bersenjatakan “kawruh” dan orang jawa akan diajari mengerti tentang benar & salah – kesimpulan : seseorang itu masih muda tetapi mempunyai nama seperti orang tua/ “didampingi” leluhur sepuh pulau Jawa & juga seseorang itu beragama Nasrani yang tidak hilang penghormatannya pada budaya jawa)

    Sinom Jayabaya
    1.Lahir di bumi Mekah.
    ( lahir di bumi “Mekah” – kesimpulan : seseorang itu lahir di keluarga yang sangat agamis )
    2.Raja keturunan waliyullah.
    ( Raja keturunan Waliyullah – kesimpulan : seseorang itu masih mempunyai garis keturunan orang suci dimasa lalu/ Sunan )
    3.Letaknya dekat dengan gunung Perahu, sebelah barat tempuran.
    ( Letaknya dekat dengan gunung perahu, sebelah barat tempuran – kesimpulan : seseorang itu tinggal bukan di Gunung Perahu tetap disuatu tempat “dekat” dengan gunung perahu ; Di Pulau Jawa ada 2 gunung Perahu ( G. Perahu di Jawa Tengah & G. Tangkuban Perahu di Jawa Barat – dan secara persis letaknya di sebelah barat dari pertemuan sungai yang dekat gunung tersebut. )

    Bait Ramalan Jayabaya
    1.bersenjata trisula wedha
    2.membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda tajamnya tritunggal nan suci benar, lurus, jujur didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong
    ( Berpedoman pada Trisula Weda/ Tritunggal – kesimpulan : seseorang itu berpedoman/ memegang perlambang Trisula Weda/ bukan senjata trisula dalam arti yang sesungguhnya dan pedoman Trisula Weda ini tersamar didalam perlambang Sabdo Palon/ Manik Maya yang dipegang seseorang tsb, dimana arti : Manik = Inti, Maya = tersamar )
    3.asalnya dari kaki Gunung Lawu sebelah Timur, sebelah timurnya bengawan
    ( Asalnya dari Kaki Gunung Lawu sebelaah timur dan sebelah Timur Bengawan – kesimpulan : Seseorang itu berasal dari sebelah Timur G.Lawu ( berasal dari Jawa Timur ) dan dari sebelah Timur Bengawan ( Sungai yang besar )- di Jawa Timur Sungai yang besar adalah sungai Brantas, jadi seseorang itu lahir di daerah sebelah timur sungai Brantas, misal : kota Malang, Mojokerto, Probolinggo. Lumajang, Banyuwangi, dll )
    4.masih muda sudah dipanggil orang tua
    ( kesimpulan : seseorang itu masih muda tetapi mempunyai nama seperti orang tua/ terlihat “didampingi” oleh para sesepuh pulau jawa )
    5.turunnya air brajamusti pecah memercik

    ( turunnya air Brajamusti – kesimpulan : seseorang itu telah menerima tetesan air suci pada suatu malam ( Bathara Indra penguasan malam/ bulan ); malam dengan perlambang “api” sehingga digambarkan pada salah satu sinom dikatakan bahwa ludahnya seperti api & sabdanya malathi/ terbukti )
    Prediksi Ramalan Jayabaya
    1.Sedangkan perlambang Semarang Tembayat merupakan tempat dimana seseorang memahami dan mengetahui solusi dari apa yang terjadi.
    ( kesimpulan : pada Jaman Prabu Jayabaya nama kota Semarang belum ada, semua ramalan diberikan berupa kiasan, demikian juga dengan kata “Semarang Tembayat” tidak semena-mena langsung berarti kota Semarang; Semarang Tembayat dapat diartikan Semar-ing-Tem-bayat yaitu ( semar = tersamar / ing = di / Tem = ke / bayat = Baitutah adapun kata Bait pada aslinya memiliki arti tempat tinggal, atau tempat kembalinya manusia di siang atau malam hari = Tegasnya, arti Ahl bait adalah : famili, kerabat atau anggota keluarga yang tinggal bersama dalam satu tempat sepanjang siang dan malam dengan penuh kehangatan dan keharmonisan = seseorang ini di tempat/ selalu ke tempat dimana berkumpul suatu komunitas yang tinggal bersama dalam suasana penuh kehangatan/ keharmonisan -misal: paguyuban, pesantren, pertapaan, biara, dll )

    2.Kebenaran selalu saja tersembunyi. Kata sandi dari jawaban misteri ini adalah : JOGLOSEMAR. Joglo telah runtuh, yang ada tinggal Semar. Inilah hakekat kondisi negara saat ini. Sebagai panduan perlu saya garis bawahi kata kunci yang ada di dalam bait-bait karya leluhur kita, yaitu :
    3.Di dalam ramalan R.Ng. Ronggowarsito menyiratkan bahwa Satria VI (Satriyo Boyong Pambukaning Gapura) harus menemukan dan bersinergi dengan seorang spiritualis sejati satria piningit (tersembunyi) agar kepemimpinannya selamat.
    4.Dalam bait 22 ramalan Joyoboyo dikatakan “Di Semarang Tembayat itulah yang mengerti dan memahami lambang tersebut.”
    5.JOGLOSEMAR = Jogja – Solo – Semarang. Dari peristiwa gempa Jogja telah membuktikan bahwa kerajaan Mataram Jogja & Solo sudah tidak memiliki aura lagi. Hal ini terbukti dengan hancurnya Bangsal Traju Mas (tempat penyimpanan pusaka kerajaan) dan Tamansari (tempat pertemuan raja dengan Kanjeng Ratu Kidul). Hal lain adalah robohnya gapura makam HB IX (Jogja) dan PB XII (Solo) di kompleks makam raja-raja Imogiri, sebagai perlambang bahwa Keraton Jogja – Solo sudah tidak memiliki aura dan kharisma. Sehingga yang tersisa tinggallah “Semarang” (Mataram Kendal).
    ( kesimpulan : Joglosemar = Jogya diambil dari kata awalan Jog, Solo diambil dari kata akhiran Lo, tetapi yang dimaksud akhiran disini berarti adalah telah berakhir sehingga tidak ada kode Sandi nama kota lagi, yang tersisa hanya kata semar, semar disini bukan berarti nama kota Semarang tetapi semar = tersamar, nama kota ini tersamar dan belum dapat ditentukan?…)

    Uga wangsit Siliwangi
    1.pemuda gembala sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné!”)
    2.Lebak Cawéné adalah suatu lembah seperti cawan, yang dikatakan di dalam Kitab Musarar Joyoboyo sebagai Gunung Perahu. Tempat itu digambarkan sebagai suatu lembah atau bukit dimana permukaannya cekung seperti tertumbuk “perahu besar”.
    ( Bocah angon/ Sang Pengembala pergi membukan lahan baru di Lebak Cawe’ne’ ; di dekat Gunung Perahu – kesimpulan : Seseorang yang berasal dari “Timur” tersebut pindah ke “Barat” dan tinggal di lembah yang berbentuk seperti Cawan yang letaknya didekat G. Perahu ( G. Perahu di Jateng ataukah G. Tangkuban Perahu Jabar? )….prediksi Saya seseorang itu tinggal di Bandung…. karena gambaran letak lembah di sebelah barat tersebut mirip dengan bentuk lembah & letak kota Bandung di lereng G. Tangkuban Perahu
    3.Terdapat 2 tempat tinggal dari seseorang yang dinanti tersebut ( tempat tinggal dan tempat yang sering disinggahi )
    Serat Jayabaya
    andhedukuh pindha Raden Gatotkaca
    arupa pagupon dara tundha tiga
    berumah seperti Raden Gatotkaca
    berupa rumah merpati susun tiga
    Uga Wangsit Siliwangi
    ” Laju naréangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang.”
    (”lalu mereka mencari anak gembala, yang rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon handeuleum dan hanjuang.”)
    ( – kesimpulan : seseorang itu bertempat tinggal pada rumah bertingkat di ujung sungai ( sumber air sungai adalah gunung sedangkan ujung sungai adalah di daerah dataran yang lebih rendah/ daerah kota ); tepatnya mungkin pada sebuah rumah bertingkat yang rimbun oleh pohon handeuleum & hanjuang di dekat sungai di daerah kota Bandung)
    4.…..secara gambaran spiritual, di tempat itu terdapat 2 sumber air besar dan ditandai dengan 3 pohon beringin (Ringin Telu).
    ( – kesimpulan : merujuk pada kesimpulan Saya diatas…berarti selain rumah, seseorang itu sering singgah utk melakukan suatu aktivitas di suatu daerah yang dekat dengan 2 sumber air besar ( sumber mata air biasanya di gunung/ lereng Gunung ); seseorang itu sering singgah/ selalu kembali ke tempat di Barat Daya Lereng G. Tangkuban Perahu dengan tetengger 3 pohon beringin dan 2 sumber air besar…..tempat itu berada dalam suatu komunitas yang tinggal bersama dalam suasana yang hangat & harmonis ( seperti pertapaan )…mungkinkah tempat seseorang sering singgah itu ada di daerah Lembang…..mungkin para Winasis dapat memperjelas gambaran ini…)

    Note :
    Tentunya seseorang ini:
    a)Berasal dari Jawa Timur dan mempunyai trah garis keturunan Majapahit, beragama “kawruh” Nasrani
    b)Mempunyai sepasang pusaka pengayom nusantara/ perlambang penyatuan 3 kekuatan trah yang pada masa lalu bertikai memperebutkan kekuasaan ( trah Majapahit-Pajang/ Hadiwijaya; trah Majapahit-Mataram/ Senopati Pamungkas dan; trah dari garis keturunan Majapahit-Brawijaya/ Ki Ageng Mangir )
    c)Menerima wahyu berupa tetesan air suci Brajamusti
    d)Mempunyai “perlambang” pedoman Tri weda (suci, lurus, jujur)
    e)Mempunyai “perlambang” mata satu (tegas)

    Wassalam,

  17. Jangan putus asa cari terus satrio piningit, semoga ktetemu, kalu ketahuan namananya bukan piningit, carilah di nganjuk desa sugih waras kec. rejoso Kab. Nganjuk Jawa timur namanya Mas Priyanto aslinya klinter kertosono. julukannya sigembala sapi alais joko alim raja pudak sinumpet…

  18. GABUNG UE……….

  19. Menurut saya, satria piningit adalah sosok pribadi yang tidak mementingkan diri sendiri, kesejahteraan masyarakat diatas segala-galanya

  20. Saya pribadi tidak peduli dan tidak mau tahu jika nanti muncul seorang Herucokro,Imam mahdi,Satriya Piningit diiringi oleh Sabdopalon nayagenggong atau dengan nama apapun ia hendak disebut kecuali saya dikehendaki oleh Gusti sehingga menjadi peduli dan mau tahu.Sebab bagi saya yang penting bagi kita Putra-Putri Jawadwipa adalah berpegangan kepada APInya,jangan terbawa lari asapnya.API dari JAMAN KENCONO RUKMI bukanlah manusia-manusia yang mengaku ini dan diaku itu,manusia yang dianggap ini dan mengganggap dirinya itu,karena jikalau mereka benar begitu,mereka hanyalah sekedar TUMBAL belaka,ABDI saja,mereka adalah Asapnya,………dan APINYA adalah KARSA GUSTI semata.Karenanya meraba dan menghidupi Kehendak Tuhan dalam perbuatan nyata disini,sekarang ini,lepas dari kemarin dan besok,dulu dan nanti adalah API dan JIWA hidup kita,putra-putri Jawadwipa yang sungguh2 benar merindukan dan menantikan Kedatangan Dia yang bernama Kasih.Jika tidak begitu maka sesungguhnya yang kita nantikan dan kita rindukan bukanlah DIA,Karsa Tuhan tetapi angan-angan,khayalan dan nafsu ambisi kita sendiri.Dan ketika DIA itu benar2 sungguh datang dan nyata menjadi manusia biasa disekitar kita dan tidak sesuai dengan gambaran angan2,khayalan dan nafsu ambisi kita tadi yang selamanya berbau kebendaan dan pamrih akan hormat,kuasa dan kramat dunia maka kita akan segera menjadi jera dan kecewa lalu akan mencaci,menolak dan meludahi Dia.
    Kita memang selalu terbawa lari oleh asapnya dan jarang berpegangan teguh kepada APINYA.Dan ketika asap itu tidak sesuai dengan gambaran kita maka kita akan menjadi kecewa lalu kita akan berbalik menghujat,mencaci dan menyalahkan mereka seperti biasa yang kita lakukan.Karenanya jangan memuja sesama kita manusia,sengeri apapun sebutannya,setinggi apapun titisannya,setua apapun jiwanya,seagung apapun prabanya karena memang bukan pada tempatnya.Manusia hanyalah manusia,mempunyai wadah dan kemampuan yang terbatas.Walaupun Isi dirinya adalah JIWA RABBANI sekalipun tetapi selama dia masih mengenakan BUSANA JALMI belum NGRASUK BUSANA JATI maka dia hanyalah manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan.Memang yang membedakan seorang Manusia dengan manusia lainnya hanyalah ISI DIRINYA atau API HIDUPNYA atau pangkal kesadaran yang menggerakkan dia untuk berbuat.Tetapi semuanya itu adalah Gaib yang orang lain tidak bisa tahu,tidak bisa melihat dan tidak bisa mengerti karena memang tidak perlu kecuali dikehendaki oleh Tuhannya. Karenanya tidaklah perlu ada sebutan Manungsa Kasinungan Dewa di dunia ini,cukup ada di ALAM HAKIKAT atau dalam KegaibanNya saja supaya kejadian yang sudah2,tidak perlu ada lagi sehingga merugikan seluruh anak keturunan kita kedepan.MAnusia selamanya hanyalah manusia,tidaklah luput dari kesalahan.Jangan memuja dan merindukkan yang fana karena kita akan menjadi jera dan kecewa.Jangan bergantung kepada sesuatu yang fana karena kita akan menjadi jera dan kecewa.Dan selama kita masih mencari Asapnya bukan Apinya,mencari seorang MANUSIA HERUCOKRO bukan KEHENDAK TUHAN maka dia tidak akan pernah mucnul dihadapan kita.Dan ketika kita masih merindukkan kedatangan Sabdopalon Nayagenggong bukan merindukkan Hukum Tuhan maka merekapun tidak akan pernah muncul dihadapan kita.KArena dalam HAKIKATNYA mereka adalah KARSA dan HUKUM TUHAN itu sendiri.Karenanya maka pencarian,angan2,prasangka dan keinginan kita sendirilah yang akan menjadi WARANA sehingga kita tidak akan mampu melihat mereka sebagaimana adanya mereka dalam wujud manusianya,wujud deritanya!!!!.
    Dan AL-MASIH Yang pertama,Isa Binti Maryam pun pernah mengucapkan sabdo-sabdo panembah sebagai berikut : Bapa,terima kasih karena semuanya ini Kau sembunyikan dari mereka2 yang pandai,yang tinggi,yang merasa benar dan merasa mampu tetapi Engkau nyatakan kepada mereka-mereka yang lemah,yang kecil,yang merasa salah dan merasa tidak mampu!!!Karenanya jika memang ada Satrio Piningit, Herucokro,Tunjung Seto,Imam Mahdi atau dengan nama apapun ia hendak disebut sesuai dengan JONGKO JOYOBOYO CATURSABDO bahwa DIA,Kangjeng Sultan Herucokro,Buddha Wekasan itu adalah Kangjeng Nabi Isa Rohullulah atau sebagai ALMASIH yang kedua atau ALMAHDI atau apalah namanya terserah situ,maka tentunya Dia juga akan melakukan panembah dengan menggunakan sabdo2 seperti yang terucap tepat 2000 tahun lalu di Jerusalem/Darusallam,di sini ini sekarang ini!!!.

    “Adhimas………..adhimas…….mereka tetap saja merindukan asapnya sehingga tidak akan mampu melihat apinya!!!!.Jalan Terus Adhimas………….

    RAHAYU MAHARDHIKA!!!!.
    JOKO KLANTUNG,30 Tahun.
    Bandung.

  21. Satrio piningit adalah sesorang yang menerima wahyu, tetapi bukan wahyu kenabian yang mengajarkan ajaran agama baru..ada 7 – 10 satrio piningit palsu..seorang satrio piningit pastilah tau ilmu2 sejarah penyebaran agama maupun sejarah perkembangan dunia,, seorang satrio piningit pastilah tau bacaan tasbih untuk malaikat jibril,, malaikat israfil dan yng lainnya,, seorang satrio piningit pastilah tau shalawat yang dibaca kaum untuk memuja nabi isa,, nabi musa maupun yang lainnya.. dia seseorang yang tidak disangka2.

  22. sebuah harapan buat seluruh rakyat Indonesia.

    PANTUN JERITAN HATI RAKYAT JELATA

    NUSANTARA NEGERI YANG KAYA
    TEMPAT KORUPTOR BERPESTA PORA
    HUKUM HANYA MILIK YANG KAYA
    KESEWENANG – WENANGAN MERAJALELA

    SUDAH JATUH TERTIMPA TANGGA
    LIHAT ORANG SUSAH MALAH TERTAWA
    BENCANA JADI OBJEK WISATA
    PENGGAL SAJA BIANG KEROKNYA

    DUNIA DISEMBAH LAYAKNYA TUHAN
    AGAMA JADI BAHAN CEMOOHAN
    TAK DIRASA SEMUA PERINGATAN
    NUSANTARA NEGERI KUTUKAN

    BEBAN HIDUP SEMAKIN BERAT
    ORANG BAIK BERUBAH JAHAT
    TOBAT NASIONAL SUDAH TERLAMBAT
    NUSANTARA MENUJU KIAMAT

    KAMI WONG CILIK INGIN MENGADU
    KEPADA SIAPA KAMI TAK TAHU
    BERULANG KALI NYOBLOS PEMILU
    KAPAN LAKU GELOMBANG CINTAKU

    KAMI WONG MLARAT PALING NGGA KUAT
    BILA LIHAT TINGKAH POLAH PEJABAT
    SEMUCI – SUCI SEOLAH NINGRAT
    PADAHAL DIBELAKANG . . . . BEJAT

    KAMI WONG CILIK CUMAN PENGEN TAHU
    MEMANG BENAR ATAU CUMAN ISU
    AKAN MUNCUL SEORANG RATU
    MEMIMPIN ATAS PERINTAH WAHYU

    KEYAKINAN TAK BUTUH PEMBUKTIAN
    MANUSIA BEBAS TENTUKAN PILIHAN
    DIPUNCAK ZAMAN KEHANCURAN
    ADAKAH JENDRAL BERHATI INTAN

    AKU MEMANGGILMU KESATRIA NUSANTARA
    KARENA DHARMAMU PADA KEBENARAN
    WALAU NASIBMU TERLUNTA – LUNTA
    SEMOGA ENGKAU BEROLEH PENGAYOMAN

    AKU MEMANGGILMU PANDITA NUSANTARA
    KARENA LAKUMU – LAKU YANG SUCI
    WALAU DITEMPA BADAI DERITA
    SEMOGA HIDUPMU SELALU DIBERKATI

    MANUSIA PICIK GAMPANG BERMUSUHAN
    LANTARAN NAIF MEMAKNAI FIRMAN
    BILA TAK TURUN WAHYU KEPEMIMPINAN
    PENAFSIRAN EGO MENJADI TUHAN

    UMAT MENCARI – CARI DISAAT SEKARAT
    SOSOK MANUSIA YANG MENERIMA WAHYU
    MELURUSKAN KEMBALI AJARAN MUHAMMAD
    BUKAN WAHYU AGAMA BARU

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    TERBITNYA SANG MENTARI HARAPAN
    LANGKAH AVATAR SANGAT HATI – HATI
    GELAP MALAM PENUH JEBAKAN

    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    TAK TERJANGKAU SEMUA PREDIKSI
    JUGA PENERAWANGAN GAIB TERTINGGI

    KELUAR MASUK PURO MANGKUNEGARAN
    ALLHAMDULILLAH ORA KONANGAN
    KELUAR MASUK RUMAH PEJABAT
    TETAP SAJA TIDAK TERLIHAT

    KECUALI OLEH MEREKA YANG DIKEHENDAKI
    DIANTARA HAMBA – HAMBA SEJATI
    YANG RELA MEMPERSEMBAHKAN DIRI
    DEMI TEGAK HUKUM KEADILAN ILLAHI

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    JUJUR, TEGAS, TAK BETAH BASA BASI
    CUKUP MENGAMBIL YANG BENAR BERNYALI

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    SEDERHANA TAK BANYAK KONSEP TEORI
    CUKUP MENGAMBIL YANG TULUS SUCI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    HANYA JALANKAN AMANAH ILLAHI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    CUKUP MENCETAK KADER MUMPUNI
    LALU MENGHILANG BAK DITELAN BUMI

    KITA SAMPAI DIBATAS WAKTU
    KEBENARAN SEJATI MENUNTUN LAKU
    LETAKKAN SEMENTARA PEMAHAMANMU
    KITA DENGARKAN PENUTURAN WAHYU

    BAGI YANG SUNGGUH MEMBUKA HATI
    DENGAN POLOS TANPA PRASANGKA
    IMAM MAHDI SIAP MENEMANI
    SAMPAIKAN KEBENARAN APA ADANYA

    TABIR MASA MEMBUNGKUS RAHASIA
    KAYAKAN CERITA AKAN NUANSA
    BERDETAK JANTUNG KARENA ASA
    MENGUJI NYALI JIWA PERKASA

    WAHAI APARAT PENEGAK HUKUM NEGARA
    WAHAI ULAMA PANDITA NUSANTARA
    WAHAI PUTRA – PUTRA TERBAIK BANGSA
    APAKAH AKAL DAN NARUNIMU BUTA !!

    Oleh : M. Mahbub Al – Majnun
    Semarang 15 Nov ’ 07

  23. Satrio piningit adalah sesorang yang menerima wahyu, tetapi bukan wahyu kenabian yang mengajarkan ajaran agama baru..ada 7 – 10 satrio piningit palsu..seorang satrio piningit pastilah tau ilmu2 sejarah penyebaran agama maupun sejarah perkembangan dunia,, seorang satrio piningit pastilah tau bacaan tasbih untuk malaikat jibril,, malaikat israfil dan yng lainnya,, seorang satrio piningit pastilah tau shalawat yang dibaca kaumnya nabi isa,, nabi musa maupun yang lainnya.. dia seseorang yang tidak disangka2.

  24. Menuju Timur

    Sabda telah terlontar dari mulut sang Raja,gerangan apa yang akan terjadi pada tanahku ini?apabila kembar 300 wajah itu terus menerus menatap dan mengharap sebuah ucapan dari mulut ini,untuk menggerakan kaki2 mereka menuju tanah api di Timur…”ingatlah aulia,saat ini mereka sangat mengharapkanmu,mengundangmu untuk bergabung di tanah sesak mereka untuk sekedar mencuci baju kumal yang mereka gunakan untuk membunuh bapaknya sendiri,serta menanggungkan karma mereka di pundakmu,sungguh kasihan kau pemuda!! seluruh hidupmu hanya untuk dijejali napsu mereka mereka yang ingin keluar dari neraka yang mereka bangun sendiri!! Ingatlah pula masa bulan madu-mu telah habis dengan sang terkasih,saatnya kau bangun dari maya,ke arah hakekat dunia dimana kau sendiri yg menelisik semua garis jangka leluhur,
    saat ini di bawah sana mereka menunggumu,melambaikan tangan seolah rindu sudah tak tertahankan!
    tahukah kau pemuda?saat kau hadir tak sedikit yang akan menyangsikanmu,tapi mereka takut untuk berbicara hanya mata mereka berpandangan sesamanya seolah olah berucap “inikah dia yang kita tunggu2 ?” ANEH….
    BUKANKAH AKU YANG LEBIH DARI SEKEDAR DIA?”
    saat itu datang lihatlah ke atas dan ke bawah jangan melihat ke samping kanan dan kirimu…
    disanalah cermin mu sebenarnya….
    ini hanyalah jalan dimana kau pernah meminta kepada kami sebelum berjuta tahun lalu,jalan kemana para terkasih berada,kami mendengar kami berbicara kepada yang mendengar,kami berlaku sebagai hukum ucapan manusia,kami menitah kepada yang kami restui,kami inilah KASIH..
    beranikah kau pemuda?
    Kami tak pernah salah menurunkan panglima perang melawan dunia,tapi panglima itu sendiri yang selalu terlalu manusia saat dititah….
    Alhamdi, menanggung 300 wajah,meniti jalan di ujung pedang mahkota embun,tetes tangis perawan pun diembannya untuk dia bawa ke hadapan sang Roba…datang kau ditunggu pulang kau dicampakkan!!itulah wujud kasih kami padamu…berdoalah kau setan belalang saat dia aku tunjukan…!!!
    Ibunda Ratu Jagat wajah inikah yang akan kubawa saat kau tinggalkan telaga kemarin?Bapaku Jagat Batara tangan inikah yang kau hendaki untuk mencatat semua pergerakan dunia esok?
    Mari 300 wajah,sudah tak ada lagi wisik dan perintah lagi,yang ada hanya arus sungai mengalir maka diujungnya kita temukan tujuh pertempuran akhir dan pulang….awalan dan akhiran KASIH.

    Matari di Atas Sungai tujuh
    (palangkaraya timur Hyng Marende)

  25. maaf. ada sedikit refisi pada pantun JERITAN HATI RAKYAT JELATA,, maklum wangsit baru turun lagii,, he he he. Buat seluruh rakyat nusantara

    PANTUN GELOMBANG CINTA
    ( JERIT HATI DAN HARAPAN RAKYAT JELATA )
    Oleh : Maulana Mahbub Al – Majnun

    NUSANTARA NEGERI YANG KAYA
    TEMPAT KORUPTOR BERPESTA PORA
    HUKUM HANYA MILIK YANG KAYA
    KESEWENANG – WENANGAN MERAJALELA

    SUDAH JATUH TERTIMPA TANGGA
    LIHAT ORANG SUSAH MALAH TERTAWA
    BENCANA JADI OBYEK WISATA
    PENGGAL SAJA BIANG KEROKNYA

    DUNIA DISEMBAH LAYAKNYA TUHAN
    AGAMA JADI BAHAN CEMOOHAN
    TAK DIRASA SEMUA PERINGATAN
    NUSANTARA NEGERI KUTUKAN

    BEBAN HIDUP SEMAKIN BERAT
    ORANG BAIK BERUBAH JAHAT
    TOBAT NASIONAL SUDAH TERLAMBAT
    NUSANTARA MENUJU KIAMAT

    KAMI WONG CILIK INGIN MENGADU
    KEPADA SIAPA KAMI TAK TAHU
    BERULANG KALI NYOBLOS PEMILU
    TAPI KAMI SELALU TERTIPU

    NASIB KAMI TAK PERNAH MENENTU
    SAMPAI KAPAN KAMI TAK TAHU
    BERHARAP – BERDOA SEPANJANG WAKTU
    KAPAN LAKU GELOMBANG CINTAKU ?

    KAMI WONG MLARAT PALING NGGAK KUAT
    BILA MELIHAT TINGKAH POLAH PEJABAT
    SEMUCI – SUCI DAN SEOLAH NINGRAT
    PADAHAL DIBELAKANG, . . . . BEJAT

    KAMI WONG CILIK CUMA INGIN TAHU
    INI MEMANG BENAR ATAU CUMAN ISU ?
    AKAN MUNCUL SEORANG RATU
    YANG MEMIMPIN ATAS PERINTAH WAHYU

    KEYAKINAN TAK BUTUH PEMBUKTIAN
    MANUSIA BEBAS TENTUKAN PILIHAN
    DIPUNCAK ZAMAN KEHANCURAN
    ADAKAH JENDRAL BERHATI INTAN ?

    AKU MEMANGGILMU KSATRIA NUSANTARA
    KARENA DHARMAMU PADA KEBENARAN
    WALAU NASIBMU TERLUNTA – LUNTA
    SEMOGA ENGKAU BEROLEH PANGAYOMAN

    AKU MEMANGGILMU PANDITA NUSANTARA
    KARENA LAKUMU – LAKU YANG SUCI
    WALAU DIHEMPAS BADAI DERITA
    SEMOGA HIDUPMU SELALU DIBERKATI

    MANUSIA PICIK GAMPANG BERMUSUHAN
    LANTARAN NAIF MEMAKNAI FIRMAN
    BILA TAK TURUN WAHYU KEPEMIMPINAN
    PENAFSIRAN EGO MENJADI TUHAN

    UMAT MENCARI – CARI DISAAT SEKARAT
    SOSOK MANUSIA YANG MENERIMA WAHYU
    MELURUSKAN KEMBALI AJARAN NABI MUHAMMAD
    BUKAN WAHYU AGAMA BARU

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    TERBITNYA FAJAR – SANG MENTARI HARAPAN
    LANGKAH AVATAR SANGAT HATI – HATI
    GELAP MALAM PENUH JEBAKAN

    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    TAK TERJANGKAU SEMUA PREDIKSI
    JUGA ILMU PENERAWANGAN TERTINGGI

    KELUAR MASUK PURA MANGKUNEGARAN
    ALLHAMDULILLAH ORA KONANGAN
    KELUAR MASUK RUMAH PEJABAT
    TETAP SAJA TIDAK TERLIHAT

    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    TAK TERJANGKAU SEMUA PREDIKSI
    JUGA PENERAWANGAN GAIB TERTINGGI

    KECUALI OLEH MEREKA YANG DIKEHENDAKI
    DIANTARA HAMBA – HAMBA SEJATI
    YANG RELA MEMPERSEMBAHKAN DIRI
    DEMI TEGAK HUKUM – KEADILAN ILAHI

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    SEDERHANA, TAK BANYAK KONSEP TEORI
    CUKUP MENGAMBIL YANG TULUS SUCI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    HANYA JALANKAN AMANAH ILLAHI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    CUKUP MENCETAK KADER MUMPUNI
    LALU MENGHILANG BAK DITELAN BUMI

    KITA SAMPAI DIBATAS WAKTU
    KEBENARAN SEJATI MENUNTUN LAKU
    LETAKKAN SEMENTARA PEMAHAMANMU
    KITA DENGARKAN PENUTURAN WAHYU

    BAGI YANG SUNGGUH MEMBUKA HATI
    DENGAN POLOS TANPA PRASANGKA
    SATRIO – PINANDITA SIAP MENEMANI
    SAMPAIKAN KEBENARAN APA ADANYA

    TABIR MASA MEMBUNGKUS RAHASIA
    KAYAKAN CERITA AKAN NUANSA
    BERDETAK JANTUNG KARENA ASA
    MENGUJI NYALI JIWA PERKASA

    WAHAI APARAT – PENEGAK HUKUM NEGARA
    WAHAI ULAMA – PANDITA NUSANTARA
    WAHAI PUTRA – PUTRA TERBAIK BANGSA
    APAKAH AKAL DAN NURANIMU BUTA !!

    Semarang,15 November 2007
    Ditemani Gudang Garam Surya
    Gudang air mata,Garam kehidupan, Surya pencerahan
    Bravo IMAM MAHDI, para kekasih tak sabar menanti

    Hidayah datang tak pandang bulu
    Merasuk kedasar keyakinan,sepenuhnya atas kuasaNYA
    salam bagi semua “orang gila” Semoga kita segera bersua.
    Puisi ini adalah puisi orisinil penulis, yang diilhami dari mimpi 7 kali berjumpa IMAM MAHDI alias RATU ADIL alias SATRIO PININGIT alias AVATAR alias SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU alias
    “MALIKUL MUQSITH”
    Allah Subhaanahu Wataaala memberi GELAR KHUSUS sosok orang yang menerima wahyu diakhir zaman ini dengan gelar dan panggilan “MALIKUL MUQSITH”
    MALIKUL – MUQSITH bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti RAJA ( PENEGAK ) KEADILAN alias RATU ADIL.
    Dia menerima wahyu untuk meluruskan kembali ajaran Nabi Muhammad yang sudah banyak di selewengkan, ditambah – dikurangi serta di putar balikkan. Wahyu yang diterima bukanlah wahyu KENABIAN sehingga jelas tidak membawa AGAMA BARU, dan orang yang menerima wahyu ini sangat tidak pantas dan SALAH BESAR jika di sebut NABI BARU.
    IMAM MAHDI adalah sebutan atau istilah yang lain untuk sosok yang dipanggil ALLAH dengan MALIKUL MUQSITH ini, ia NYATA dan memang benar – benar ADA. IMAM MAHDI berarti pemimpin pemberi petunjuk . RATU ADIL juga menerima wahyu kepemimpinan dalam arti RATU ADIL adalah orang yang memang dipilih ALLAH dan DIPERINTAH untuk memimpin dan membenahi negeri ini (NUSANTARA). Dalam konteks Indonesia yang sempit, beliau menjadi RATU ADIL dan dalam kapasitas yang lain dalam konteks dunia yang lebih luas beliau menjadi IMAM MAHDI.

    Di zaman kelak Ratu Adil memimpin, kebenaran dan HUKUM ILAHI akan benar – benar ditegakkan. Meskipun beliau seorang muslim yang taat menjalankan syariat, tapi beliau memiliki toleransi dan apresiasi yang tinggi dengan semua pemeluk agama dan semua aliran kepercayaan. Beliau mengayomi semua golongan dengan keadilan, kebenaran, dan kejujuran. Beliau didampingi oleh ruh – ruh para Nabi dari semua AGAMA BESAR di dunia, baik Isa, Muhammad, Musa, Daud, Adam, Sri krisna, & Sidharta Gautama. Selain itu turut mendampingi beliau ruh leluhur Pulau jawa yaitu Sunan Lawu alias Brawijaya Pamungkas, Eyang Sabdo Palon dan Naya Genggong. Selain itu turut mengawal beliau ruh-ruh seluruh raja NUSANTARA yang bertaqwa .Juga banyak ratusan ruh wali-wali dari semua agama di sepanjang sejarah umat manusia . Allah tidak tanggung – tanggung dalam menurunkan seluruh KEKUATANNYA untuk mewujudkan tata kehidupan dunia yang lebih spirituaL dan lebih manusiawi. Kekuatan Allah itu dititipkan sebagai fasilitas perjuangan kepada IMAM MAHDI – RATU ADIL dan PASUKANNYA. Alangkah berbahagia jika anda yang membaca tulisan ini bisa ambil bagian menjadi pasukan MALIKUL MUQSITH ini.

    Penulis sebelumnya adalah orang yang skeptis akan RATU ADIL yang menurut penulis itu Cuma MITOS. Tetapi petunjuk mimpi yang beruntun sebanyak 7 kali dalam kurun waktu th. 2005 – 2007, telah merubah pandangan dan keyakinan penulis secara drastis dan radikal – karena disetiap mimpi, gambarannya begitu jelas dan gamblang. Serta “ndilalah” semua informasi dari ketujuh petunjuk mimpi bisa terekam rinci dalam ingatan penulis. Selain berisi banyak informasi, petunjuk mimpi itu juga memberi beberapa terapi atau METODE PEMBERSIHAN JIWA TERBAIK MENURUT VERSI ALLAH SWT, sehingga berpengaruh dahsyat bagi lahir batin penulis.

    Tulisan ini adalah media bagi penulis untuk berbagi pengalaman dan mempromosikan keyakinan yang nyata. Dan semoga berguna sebagai sarana untuk menjembatani pemahaman masyarakat terhadap keberadaan Beliau yang sebenarnya memang nyata adanya. Penulis prihatin dengan banyaknya orang yang mengaku – aku menerima wahyu tanpa bisa memberi bukti kongkrit yang meyakinkan bahwa mereka (yang ngaku-ngaku itu) benar – benar menerima wahyu. Sebagai panduan agar masyarakat tidak dibodohi maka penulis ingin menginformasikan bahwa orang yang menerima wahyu :

    1. Kenal akrab dengan Malaikat Jibril sebagai Malaikat Penyampai Wahyu. Dan tahu secara rinci tentang Jibril- termasuk bunyi redaksi tasbih malaikat jibril kepada Allah.Begitu pula bacaan tasbih dari Malaikat – Malaikat yang lain, Imam Mahdi yang sanggup berkomunikasi dengan mereka pasti tahu bacaannya semua.

    2. Jika benar seseorang menerima wahyu, dia pasti juga mengalami pembersihan jiwa langsung dari Allah sebagaimana Nabi Muhammad mengalaminya. Mengapa ? karena untuk menerima wahyu suci, jiwa seorang penerima wahyu HARUS disucikan dulu oleh Dzat yang Maha Suci untuk sanggup menerima wahyu yang suci.

    3. Sebagai sesama penerima wahyu, seorang IMAM MAHDI atau apapun istilah dan namanya pasti sangat mengenal SELUK BELUK nabi – nabi sebelumnya yang juga menerima wahyu. Meskipun dalam konteks IMAM MAHDI wahyu yang turun bukanlah wahyu kenabian, tetapi pasti seorang IMAM MAHDI mengenal dengan rinci rahasia yang dimiliki Nabi Muhammad, begitu juga nabi – nabi sebelumnya. Sebagai cara untuk mengetes misalnya :
    a. Seorang IMAM MAHDI pasti tahu dan bisa menunjukkan bacaan tasbih Nabi Daud kepada Allah.
    b. Imam Mahdi pasti tahu hadist – hadist Nabi Muhammad yang di palsukan atau yang TAK PERNAH SAMPAI kepada kita karena sebab – sebab tertentu padahal dulu hadist itu benar – benar ada.
    c. Imam Mahdi pasti tahu kapan dan pada usia berapa Nabi Isa wafat, dan tahu bunyi doa yang dipanjatkan Nabi Isa saat diizinkan Allah menghidupkan orang yang sudah mati.

    4. Bila benar seorang RATU ADIL sejati yang menerima WAHYU KEPEMIMPINAN, dia pasti :
    a. Mengerti kunci untuk membuka harta karun NUSANTARA dan seluruh kekayaan alam yang berguna untuk membangun kemakmuran rakyat.
    b. Sanggup meluruskan sejarah perjalanan bangsa yang diputarbalikkan.
    c. Mengerti cara yang paling tepat dalam memimpin dan mengatur INDONESIA.

    Minimal pertanyaan – pertanyaan diatas jika bisa di jawab oleh siapa saja yang mengaku – aku dan ia bisa menunjukkan dengan meyakinkan, maka BER BAI’AT LAH karena seorang IMAM MAHDI yang sejati pasti bisa menjawab semua pertanyaan yang sangat mendasar dan eksistensial itu.
    Baiklah, kami kira masih banyak petunjuk mimpi yang tidak semuanya bisa saya ungkapkan-kecuali jika anda meyakini karena didorong oleh rasa pencarian sejati layaknya seorang pencari kebenaran ALLAH yang hakiki.

    Cukup sekian semoga tulisan ini bisa berguna……amin.
    Sekian..

    Tertanda,
    01’12’2007
    Sunan Kuning Penebar Pesona
    Indonesi

    keyakinan lebih mahal dari kajian seribu kitab,,
    terima kasih untuk kesadarannya menyebar luaskan informai tersebut, salam

  26. Semoga saja Anda semua selalu sehat . . .
    sehat rohani dan jasmani . . .
    marilah kita berdoa dan meminta kepada IBU PERTIWI untuk selalu tersenyum

  27. SAUDARA AVATAR rupanya anda kurang bijak menempatkan sesuatu,, anda tidak pernah melihat kondisi dan situai mengapa, kapan, dimana, DAN BAGAIMANA ayat2 tersebut turun.
    Anda tidak pernah berfikir kenapa ada penekanan-penekanan dalam ayat-ayat yang ada di dalam AL QURAN (tentunya dengan penalaran yang jernih tanpa ditunggangi selera nafsu).
    Kesimpulan yang anda buat selalu berkutat pada kulitnya saja dan lantas secara sepihak anda bandingkan dengan ke makrifatan ala AGAMA anda,,
    Anda takut mengkaji Islam dari sisi TASAWUF (ala sufi) karena saya yakin anda akan menemui banyak hambatan dalam mengotak atik kata yang anda gunakan

    hahahaaaaaaaa..

    saya tidak mungkin menjelaskan panjang lebar mengapa ISLAM bisa begini dan bisa begitu disini … PERCUMA (perlu anda tau kefanatikan ego sudah menjalar kuat di otak anda)
    Islam bersyariat karena ingin menegakkan aturan main yang dibuat ALLAH, itu sudah tertulis dan wajib untuk diikuti (tentunnya diikuti dengan penalaran yang jernih),kalau terus kemudian ada pemaksaan atau pengrusakan. itu bukan ISLAMnya yang salah melainkan manusianya ( dia belum bisa menempatkan situasi dan kondisi serta dimana dia berada ). contoh kecil sikap yang kurang berbudi yaitu.. fitnah keji yang di lontarkan WALISONGO kepada wali ALLAH Syekh SITI JENAR,, penyerangan islam demak bintaro kepada MAJAPAHIT dan dengan semena mena mengatakan BAPAKMU HINDU KAFIR dan membunuh kafir hukumnya wajib ( sebetulnya kafir yang bagaimana dan membunuh yang bagaimana yang di perbolehkan, bab bab seperti itu yang anda belum jelas) hahahaaaa..,,
    atauu poligami yang dilakukan Aa GYM alias ANJING GYMNASTIAR (seseorang bertaraf wali ALLAH sejati tidak mungkin sempat memikirkan hal selain ALLAH apalagi untuk sekedar memikirkan seputar syahwat..memalukan)lalu dengan semena mena anda mencap bahwa ISLAM dan RASULULLAH TIDAK BERBUDI PEKERTI atau kurang WARAS. dan dari kesimpulan demi kesimpulan yang anda buat tanpa adanya pengkajian secara menyeluruh (BAIK KULIT MAUPUN ISI) sama sekali jauh dari kenyataan..
    sesungguhnya ISLAM ADALAH AGAMA YANG BERBUDI PEKERTI bukan seperti agama yang anda kemukakan diatas
    hahahaaa….

    Coba anda bayangkan bagaimana jadinya bangsa jahiliyah ARAB waktu itu yang berwatak keras tersebut di hantam dengan aturan maen yang tidak tegas, rinci dan jelas, dijamin gugur dalam kekompleksitasan manusia dalam berfikir,,
    sebelum berdakwah sudah disodomi duluan kali yaak.

    kita tunggu saja tanggal mainnya kebenaran yang bagaimana yang akan terungkap…

    MANUSIA PICIK GAMPANG BERMUSUHAN
    LANTARAN NAIF MEMAKNAI FIRMAN
    BILA TAK TURUN WAHYU KEPEMIMPINAN
    PENAFSIRAN EGO MENJADI TUHAN

    KITA SAMPAI DIBATAS WAKTU
    KEBENARAN SEJATI MENUNTUN LAKU
    LETAKKAN SEMENTARA PEMAHAMANMU
    KITA DENGARKAN PENUTURAN WAHYU

    BAGI YANG SUNGGUH MEMBUKA HATI
    DENGAN POLOS TANPA PRASANGKA
    IMAM MAHDI SIAP MENEMANI
    SAMPAIKAN KEBENARAN APA ADANYA

    TABIR MASA MEMBUNGKUS RAHASIA
    KAYAKAN CERITA AKAN NUANSA
    BERDETAK JANTUNG KARENA ASA
    MENGUJI NYALI JIWA PERKASA

    salam

  28. hahahaaaaaaaa…
    kasian nama bersih sang AVATAR dan sang BUDHA SIDHARTA GAUTAMA digunakan oleh pihak tertentu hanya untuk menebarkan kebencian..

  29. Avatar diatas bukan beragama budha, salah satu fungsi vegetarian adalah supaya CERDAS krn AMARAH terkendali. Kebiasaan AVATAR diatas adalah : 1. Suka makan babi 2.Tdk sunat 3.membaca buku islam dan budha belum ada 12 bln [seumur blog ini) 4.Tdk punya budaya yg berkaitan dg jongko joyoboyo sabdopalon 5.tidak mengenal sidarta gautama 6.mudah dikendalikan Zionis 7.rakus sesuai makanannya 8.tdk pernah laku [mutih, ngebleng], masih ada 50 kebiasaan avatardiatas, lain kali aku ceritakan.

  30. ini orang pinter nih yang nulis,……..cocoknya bukan jadi AWATARA/WIKU/RESI/BHAGAWAN ……….tapi jadi PEJABAT SAMA PEDAGANG AJA!!!.Kalo saya bilang malah nih orang seumur hidupnya dihabisin cuman buat baca buku sama mikir aja buat cari kesalahan orang plus nyari duit dan makannya umpama babi pastinya,termasuk makan muntah dan kotorannya sendiri ……….tapi baru 1 JAM aja ngebaca diri sendiri sama LELAKU. Jangankan NGEBLENG …..pantang berpikir sama baca buku dulu deh selama 1 hari 1 malam!!!Supaya jangan Yang tua itu otak sama nafsunya cabul dan menang2ngannya aja,BATIN apalagi JIWANYA kerdil!.Dan emang…….. selamanya PATUNG BATU itu ga punya JIWA dan rasa rumangsa, sekalipun terbuat dari emas!!!.
    Orang pinter itu emang jarang YANG NGERTI,yang goblok2 biasanya YANG NGERTI!!!!. ngerti itu di JANTUNG! Selama otak dan angan2 masih bekerja dan berlaku kuminter,JANTUNG SELAMANYA AKAN TERTUTUP dan pastinya …………….. MEMBATU dan BUSUK!!!

    Dan VIPASSANA BHAVANA itu bukan membaca buku juga bukan berpikir…..apalagi sampai memikirkan dirinya sendiri terus menerus ….akibatnya yah ini,jadi orang yang mau bener sendiri dan rumangsa bisa!!!!Emang antara VIPASSANA dengan memikirkan diri sendiri itu berbeda seperti halnya TAI dan INTAN BERLIAN!!!!.Dan BUDDHA yang ada di buku2 dengan BUDDHA YANG SUNGGUH NYATA ADA itu berbeda,umpama selokan mampet dengan AIR SAMUDRA!!!!.

    kita kembali ke JONGKO JOYOBOYO :

    “PETENG NDEDET LELIMENGAN
    KANG BAKAL AMBABAR SUNARING PEPADHANG,
    KANG CINANDRA ING JANGKA
    BAKAL RAWUHIRA SANG TUNJUNG SETA.”

    Berbahagialah mereka yang BISO RUMONGSO
    dan kasihanilah mereka yang RUMONGSO BISO!!!

    Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata!!

    JOKO GOBLOK,
    Bandung.

  31. On Desember 13, 2007 at 12:43 am avatar Said:

    Buddha berkata, yang bisa disucikan itu cuma mental, bukan indra. Dimana indra dan organ-organ tubuh hanya berfungsi sebagai pelaksana mental.
    Shalat tak bisa menyucikan indra, indra tak bisa disucikan. tapi indra dipakai untuk menyucikan mental. Jadi, kata yang tepat adalah menyucikan mental, bukan menyucikan fisik. Berhubung entah fisik itu bermutu atau tidak tetap saja akan hancur. Meski diisi reiki, atau diisi energy yang katanya suci, tetap saja fisik akan hancur. karena fisik cuma penunjang mental. Yang lebih berperan tetap mental. Anda tak akan bawa fisik bereiki ke kehidupan selanjutnya, tapi yang Anda bawa cuma pengetahuan akan reiki.

    JOKO KLANTUNG :
    :),KARENA ITU ….WIKU GA ADA YANG MAMPU MENGALAMI KAMUSKWAN JIWARAGA dan PANGRACUTAN SARIRA!!!!!!.Karena mereka masih membeda-bedakan SESUATU YANG HAKIKATNYA TUNGGAL!!!NAMA dan RUPA harus pinda mimi lan mintuna, keduanya minta di bawa ALAM KAMUKSWAN YANG ABADI!!!!. Sebab yang namanya DUMADI itu adalah NAMA dan RUPA,JIWA dan RAGA,BATIN dan JASMANI!!!!.Ini TANAH JAWA,bukan BOLLYWOOD!!!

    JOKO GOBLOK
    BANDUNG!!.

  32. On Desember 13, 2007 at 12:43 am avatar Said:

    16. Tingkat kesadaran Nabi Muhammad belum tinggi.
    Sebagai nabi seharusnya tingkat kesadarannya lebih tinggi dari umatnya. Tapi Muhammad belum mencapai tingkat sufi, tak punya kebijaksanaan hanya punya peraturan-peraturan saja, misalnya cuci kaki sebelum tidur, cuci tangan sebelum makan, dsb.
    ada orang muslim berkata, “ah buku buku buddha kan isinya cuma kebijaksanaan saja.”
    Saya tak akan bicara soal Buddha, jika muslim tak tahu buddhism itu bagus, karena jika sampai mereka tahu maka mereka akan Saya islamkan kembali supaya mereka tetap original muslimnya, kecuali jika dia sudah murtad baru boleh belajar ilmu lain.

    JOKO KLANTUNG : :),tau darimana KENYATAANNYA begitu?.Apa sudah pernah bertemu sama semua NABI2 dan bertemu dari BUDDHA VIPASSI sampai YANG TERAKHIR?.Jika sudah, Yang bertemu apanya?. Pikirannya?Perasaan hatinya?. Angan-angannya?.apa tahu karena membaca buku2 mengenai mereka?. Itu tahunya akal pikiran bukan KENYATAAN YANG HIDup!!!.Dan HIDUP tidak pernah bisa berhadap-hadapan dengan SESUATU maupun SESEORANG,karena HIDUP ITU JUMBUH dan MANUNGGAL!!!!!.DI JAWA SINI,HIDUP itu lambangnya SEMAR!!!Masa penganut BUDDHA SAKYAMUNI ga kenal SEMAR?.HWUNING saja,1200 tahun yang lalu, sewaktu ke KAMULAN BHUMI SHAMBARA buat ngehayati KABUDDHAYAN YANG NYATA itu bertemu sama JHANABHADRA yang kalo dijawakan itu BADRAYANA!!!Coba sana adhithana masuk ke JHANA 4,SIAPA ISINYA SEMAR dan JHANABADRA?. Ada sangkut pautnya apa sama seluruh BODHISATWA2 yang ada di 10 ALAM!!!!!atau kalo memang sungguh awatara, lihat sana pakai DIBBACAKHU…..SIAPA ISINYA SEMAR?. BABARIN DISINI!!!!.Inget kawan,INI JAWADWIPA bukan BOLLYWOOD……..BHINEKKA TUNGGAL IKA TAN HANA DHARMA MANGRWA!!!!!.Umpama TELAGA WARNA DI DIENG sana!!!Dan DIENG itu artinya ADI HYANG!!!!.

    JOKO GOBLOK
    BAndung

  33. Inget awatara,ini JAWADWIPA bukan BOLLYWOOD!!!.Disini segala sesuatu yang bertentangan itu bisa JUMBUH JADI SATU karena JAWA itu ISINYA dan ISI itu SUWUNG!!! SUWUNG IKU HAMENGKU ONO!!!.Baik2 aja deh,jangan kegenitan,ga usah ngata2in “BINI” orang lain,urus aja “BINI” elo sendiri,kecuali elo pernah NYICIPIN secara RASA dan NYATA semua “BINI” yang ada TRILOKA INI dan tentunya elo ga akan berlaku kaya gitu sebab elo udah NGERTI bukan TAHU bahwa “BINI” darimanapun itu secara RASA dan dalam kenyataan adalah SATU karena sama “Perempuan”,kegantung LAKInya!!!!!.Elo laki bukan?Kalo Laki….yah sayangin semua “PEREMPUAN” seperti IBU elo sendiri!!!!

    Salam!!!

  34. AVATAR GADUNGAN DI SKAK MAT,, hahahaaa

  35. AVATAR GADUNGAN DI SKAK MAT,, gaa bisa berkoar lagiii, menebar kebencian..
    hahahaaaa

  36. Saya sangat terkesan dngan PANTUN GELOMBANG CINTA.
    terima ksh saudaraku sunan kuning penebar pesona.
    memang untuk menyikapi segala sesuatu diharuskan membuang jauh-jauh fanatik menyempit yang ada dalam pikiran kita..dengan penuh kewaspadaan dan kearifan kita menuju NUSANTARA JAYA.

    aku akan berdiri di sampingmu bila waktunya tiba
    thanks

  37. oh yaa ada yang ketinggalan. he he
    alamat e-mail sunan kuning penebar pesona ada yang tau nggak ya

  38. trima kasih
    ehm ehm..
    wwongcilik@yahoo.co.id

  39. Ehm….ehm

  40.  Njaluk satus wenehana satus… (IKHLASSS… WUNG…)
    Punika Gusti ALLAH hanamung nyobi mundhut IKHLASipun kawula wonten ing ndalem sadermaning gesang wonten ndonya… dalah nglakoni ndonya panguripanipun kita piyambak-piyambak… inggih WELAS… ASIH sami-sami sesamining gesang.

     Pitik kate jalune dawa rong kilan… (WUNG… PLASSS…)
    Punika inggih RAOS… RUMAOS… ing SEJATIning ngaurip tetiyangan kita piyambak-piyambak ingkang mboten NGISIN-ISINI atinipun utawi karaosaning SEJATIning tindak-tumindak pagesanganipun kita piyambak-piyambak.

     Tumungkul Ratuning Panaraga… (PLASSS… BHUABLASSS…)
    Punika inggih sampun kalampahaning… kalulusaning… panyuwunaning… ing ndalem sadermaning gesang kita piyambak-piyambak rumaos tumungkul RASA… KARSA… CIPTAning… SEJATIning ingkang maringi pagesangan… inggih lelakoning gesang panguripaning kita piyambak-piyambak.

    *)punika dipun jawab kanthi sejatining…
    KARAOSANSEJATISUCIKAWULANINGSUNINGJAGATCILIKGEDHE
    NINGRAT………~!@#$%^&*()_+`1234567890-=.…………………………..?

    ADEM… JAMAN AWAL-AWALING JAMAN… SIPATING JANMA-JANMANING JANMA AWAL JAMAN inggih… JANMANING MANUNGSA-KAMANUNGSANING MANUNGSA inggih… MANUNGSA SEJATI-SEJATINING JATI inggih… JATI- SEJATINING JATI KAMINULYAN inggih… MINULYA-MINULYANING KAMULYAN inggih… MULYA-MULYANINGRAT inggih-inggihing SITI HINGGIL inggih temen-temenaning SEJATI-SEJATI SEJATININGRAT inggih… temen-temenaning MANUNGSA-MANUNGSA KAMANUNGSANINGRAT inggih… temen-temenaning JANMA-JANMA JANMANINGRAT inggih… SIPAT-SIPAT SIPATININGRAT… JAMAN AKHIR-AKHIRING JAMAN… AYEM.

    Inggih wontening luk-luking ati ngati-ati (relung jiwa sejati suci)…
    Inggih HAYATINGATIning sawiji-wijinipun ngaurip.

    Lelampahan kula… kawula… nalikaning kawulanINGSUN tinembe saget weruh JIZ… RUH… NUR… SIH… inggih PUSER sejatining lakon… inggih sejatining lelakon… inggih sejatining kelakon lelakonaning ndalem sadermaning gesang pagesangan… LAKON saking lelakonaning wayang-wewayanganing pribadi utawi bayangan sejati dhiri-dhirining pendirian dhiri ningali… AGENG AGUNGING DAYA SACIPTANING JAGAT ALAM SEMESTA RAYA GUSTI ALLAH… ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR WALILLAHI… ALHAMDULILLAH… SUBHANALLAHI WALHAMDULILLAHI WALA’ILAHA’ILLALLAH hanamung-namung ALLAHU AGUNG… ALLAHU AGUNG… ALLAHU AGUNG ing ndalem daya-daya saciptaning DAYA sesebutaning ALLAH MAHA AGENG… AGUNG… AGUNGING PENCIPTA CINIPTANING JAGATING JAGAT SEJAGATIPUN… SIPAT ALLAH RABBUL’ALAMIIN AAAMIIINAAA… AAAMIIINAAA… AAAMIIINAAA…
    Kawula hanamung rumaos alit… sanget sa’alit-alitipun alit… lit! ikhlas… plasss… suwung… wungwangwunging kamanungsaning kawula… Nuwun… Matur… Nuwun…………~!@#$%^&*()_+`1234567890=…………………………………………?

  41. Jangan terlalu banyak menafsirkan sesuatu yang diluar jangkauan tanpa ada pembimbing atau dasar hukum yang jelas…..
    Rahasia semua itu ada Pada sisi Allah SWT.
    Tunggu saja ya …
    Insyaallah semua pasti terjawab…

  42. heyyy semua !!!!!!!!!

    lw tau ngg gw nemuin blogg yang si empunya blog ngaku-ngaku kaloo dia tuu SATRIO PININGIT. cukup meresahkan bagi orang awam yang membaca…

    serang BROOOO dengan pengetahuan yang kalian miliki kita hancurkan kebatilan…
    kwak kwak kwak kwak

    dimohon eyang JOKO KLANTUNG, Jeng ENDANG, atooo cemua yang uda terbukti punya coment ampuh di bloog ini

    ini alamat blognya

    http://satriopiningit.wordpress.com

  43. jatiuwung jatiuwung! jatake jatake! meratus meratus! kemis kemis! pasir jaya pasir jaya!
    manusia setan boleh ikut! naek gratis! naek gratis!
    turun BAYAR!!!

  44. Saya adalah civitas Pesantren Al-Zaytun. Ingin bercerita sedikit tentang pimpinan saya, Syaykh Panji Gumilang.

    Syaykh Panji Gumilang lahir di desa Dukun, Gresik, Jawa Timur tahun 1946 dengan nama Abdussalam. Bapaknya adalah lurah di desa tersebut. Konon, dia masih keturunan Maulana Malik Ibrahim. Dibesarkan di lingkungan Islam kolot. Penduduk kampung itu jarang yang bisa tulisan latin, bisanya tulisan Arab Melayu.

    Sejak kecil (SR/Sekolah Rakyat) dia sudah mengajar baca tulis kepada orang-orang tua yang ada di kampungnya. Sudah dianggap guru oleh orang-orang tua.
    Disamping pekerjaannya menggembala kambing atau sapi bapaknya.

    Kemudian mondok di Pesantren Gontor berguru kepada Trimurti (3 sekawan) pendiri Gontor.
    Lepas dari Gontor melanjutkan ke jurusan Sastra Arab IAIN Ciputat, Jakarta.

    Di sinilah dia bertemu dan berguru kepada salah seorang yang mengerti hakikat Islam (tapi harus sembunyi karena diburu oleh musuh-musuh Allah).

    Ajaran utamanya yaitu 3 pondasi dasar Islam. Dengan siraman ilmu ini, dia mantap meneruskan dakwah hingga dia dipercaya menjadi panglima bahkan pemimpin utama bagi komunitasnya.

    3 pondasi dasar inilah yang menjadi senjatanya dalam membawa komunitasnya menegakkan hukum Allah di muka bumi, menjadikan bumi ini rahmat bagi seluruh makhluk.

    Sempat tinggal dan menjadi guru di Banten, Jawa Barat dan menikah dengan seorang putri Menes, Banten, Jawa Barat.

    Setelah sempat melanglangbuana ke negeri jiran Malaysia-Singapur-Brunei, kembali ke Jawa Barat mendirikan pesantren yang letaknya di kaki gunung Tangkuban Perahu (Gunung ini berada di Barat Daya pesantren)

    Pesantren ini di sebelah Barat dan Timurnya dibatasi oleh sungai. Di pertemuan dua sungai ini, dibangun pula waduk dan padepokan pesantren.

    Pesantren ini rimbun dengan pepohonan bahkan seperti kota dalam hutan. Dia dan komunitasnya termasuk para santri tinggal bersama-sama 24 jam dalam komplek pesantren dalam suasana penuh toleransi dan perdamaian.

    Gedung-gedung sekolah dan asrama serta hotelnya bertingkat-tingkat seperti kandang merpati, mempunyai ciri khas lengkungan (seperti pintu kandang merpati).

    Orangnya tegas, kata-katanya tidak bisa dibantah, visinya jauh ke depan, tidak bisa menerima kesalahan, semua harus sempurna, sekali marah semua tunduk dan diam, menggelegar laksana halilintar, tapi juga penuh humor dan canda, mudah dan luwes berkomunikasi dengan lawan maupun kawan.

    Sejak 1999 sibuk ‘menggembalakan’ santri sebagai kader-kader yang akan memimpin dan mensejahterakan negeri ini pada masa mereka nanti.

    Sekarang sedang membangun mesjid terbesar di Asia Tenggara dengan kubah berlapis emas dan menara yang tingginya 160 meter lebih.

    Memiliki lahan dan mata pencaharian pertanian dan peternakan adalah kewajiban bagi pada civitas penghuni pesantren ini.

    Mempunyai banyak solusi untuk permasalahan yang terjadi di negeri ini dengan ide-ide cemerlangnya.

    Sekian dulu informasinya, jika ada kesalahan mohon dimaafkan.

  45. Waduh buat beliau om Syaykh Panji Gumilang
    yang jelas…. SP adalah manusia baru…
    bukan manusia lama.

    Yang lebih up to date dengan kekinian. Yang belum terkontaminasi dengan rejim2 masa lalu. takutnya kalau ikutan bau juga. Karena menurut saya, siapa pun yang berhasil dengan gemilang di masa lalu biasanya ada bau2 rejim masa lalu. Entah mungkin di masa lalu pernah jadi penjilat atau apa pun. Karena biasanya yang hidup teguh berdasarkan aturan yang bener, gak bakalan jadi tajir en kaya banget. Dan rata-rata hidupnya pas-pasan dan merana. Contoh banyak pemikir jamannya presiden Soekarno, yang idealis bersedia mengabdikan diri buat bangsa dan negara malah hidupnya terlunta-lunta.

  46. mengikuti laku Muhammad sebelum bergelar Nabi/Rasul, ya! pemimpin tanpa istana/kerajaan, memang awalnya dianggap orang gila.
    mengikuti perilaku seorang dokter/nabi mengobati pasien tanpa belajar dari dasar/awal sebelum bergelar dokter/nabi akhirnya dianggap orang gila.

    menawi wonten leresipun punika sanes leresipun kawula manungsa, menawi wonten luputipun punika luputing kamanungsan kawula (malih-malih)

  47. wAdowHhh…!!!

    mAksud -nYa???

    sAya binGung………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MAAF KALO GA PENTING!!!

  48. ini cerita dari empunya warung pojok dekat harian media kepri batam. alkisah seorang ahli ibadah dari pedalaman sedang mencari cara penyembuhan penyakit, kemudian merantau ke kota. diamatinya cara seorang dokter mengobati pasiennya seperti memeriksa mulut, memakai senter, dsb. merasa sudah tahu kemudian pulang ke rumah mempraktekkan apa yang dilihatnya. bukannya si pasien sembuh malah tambah parah sakitnya.
    kira-kira begitu doang lah!
    muhammad si anak gembala itu pernah laku tapa selama 40 hari dalam goa, menangis 7 hari 7 malam, berdiam diri di masjid/tempat ibadah/sanggar pamujan, sering berpuasa dikala orang-orang suka makan enak, tidur beralas tikar dll.
    apa orang kata? gile bener…

  49. Satu orang MANUSIA ga sebegitu pentingnya buat di perjuangkan dan dibela,sekalipun sungguh dia adalah seorang IMAM YANG AKHIR,karena sebegitu banyakknya manusia2 yang berada di bawah sana yang lebih pantas kita perjuangkan HAK HIDUPNYA sehingga SINGGASANA TAHTA KEADILAN bisa turun ke bawah sana dan NYATA hadir bagi mereka21 yang kecil dan terbuang!!!!!.
    Bukan percaya atau tidak percaya,sebab memang seorang IMAM JAMAN itu ADA dan sungguh BENAR ADANYA,tetapi siapa dan dimana bukanlah menadji urusan kita ntuk memperjuangkannya karena bisa menjadi salah kaprah karena terbawa lari asap nafsu dan pemikiran kita sendiri.Karenanya IMAM YANG AKHIR itu menjadi urusan ALLAH semata!!!.Urusan kita hanyalah sekedar sujud,meraba dan menghidupi KEHENDAK ALLAH untuk mengangkat mereka2 yang ada dibawah sana!!!!!.Karena jika memang ada seorang IMAM,AHLUL BAYT YANG SUNGGUH AHLUL BAYT,maka tentunya dia akan turun kebawah sini bukan naik ke atas sana!!!.

    Salam!!!

  50. kepala ibarat API yang ditiup angin
    dada ibarat PANCI berisi air mendidihnya
    kemaluan ibarat UAP air/luapan air mendidih

    kagak usah teriak2… (orang lapar beneran itu nggak kuat teriak) seperti api kecipratan air mendidih… muka memerah… kuping panas… napas ngongso… malu kan!

    siapa haus? (gw mo pipis.. hihihi)

  51. hehehe……..semakin lapar itu semakin kuat kata2 dan suaranya seseorang,jika benar2 dia sudah bangkit dari matinya….kecuali jiwanya masih tidur dan nafsunya juga tidur yah lemes,ga bisa apa-apa….

  52. @ Aji
    semakin lapar itu semakin kuat kata2 dan suaranya seseorang…
    itu yang disebut cengeng dan tak tahan uji… walaupun nampak garang dengan marah-marah tak lain hanya menghinakan diri. janganlah jadi ‘beban’ yang selalu berkeluh kesah dan tidak berguna.
    jika mampu mengendapkan sampai ke jiwa… InsyaAllah akan menemukan ‘power’ yang tak tampak.

  53. power yang tak tampak itu adalah SANG KEHENDAK (keadilan) yang kekuatannya bergantung pada ujian yang diterima dan sejauh mana ketahanan menghadapi ujian.

  54. Dijual burung cendet super, volume tebal, super receh , mental bagus, petetan , siap lomba harga 200000 bisa nego Ok tak tunggu di 085235504650

  55. Assalamu’alaikum wr. wb
    dan salam sejahtera,

    Alhamdulillah saya ucapkan ketika secara kebetulan saya menemukan web ini. Dan setelah membaca saya sangat surprise dengan contentnya. Allahu Akbar itulah ungkapan saya mengenai web ini. Saya bukan hanya memuji hanya untuk sekedar menyenangkan penulis, tapi memang pujian itu LAYAK penulis terima karena karya anda memang MENAKJUBKAN, HEBAT, DETAIL dan yang jelas penulis tidak akan membuat tulisan sedemikian hebat tanpa pendalaman yang benar.
    Selain tulisan yang bagus dengan menarik beberapa kibab dan wasiat dari cendekiawan yang terdahulu, digabungkan dengan linker yang smooth, meskipun bagi sebagian pembaca agak sukar dimengerti.
    Dari segi desain web page juga menunjukkan bahwa web ini memang dipikirkan secara matang dan teliti. Paduab warna coklat tua dan coklat muda terlihat sangat mewakili materi bacaan, karena memang perlu pendalaman dalam membaca newsletter ini sehingga mungkin kita harus juga lebih “semeleh”. Dan itu sangat didukung dengan warna coklat yang kalau tidak salah memang melambangkan kematangan jiwa.

    Sekali lagi salut atas karya anda, itu dulu yang bisa saya tulis, karena saya sudh tidak sabar untuk membaca artike yang lain.

    Wassalam

    gagat haruno

  56. adik nenekku umur 80an orangnya rajin sholat, baca quran, gemar sedekah, pinter ndalil, selalu mengatakan muhammad pembawa rahmat alam semesta, tetapi ia jg selalu mengatakan bahwa jawa lebih halus dari islam, ia tdk bermaksud merendahkan islam krn ia merasa islam yg ia kenal sdah tdk ada lagi disekitarnya maka ia lebih suka dg istilah jawa dari pada menyebut islam. (menurutku memang bgitu, krn ustad2 yg sdh bertahun2 muncul di TV dan dikenal luas tdk mampu memperbaiki rakyat indonesia. Rakyat perlu baju baru, mungkin bajunya sdang dijahit sabdopalon)

  57. ALPATEKAH
    1 Front
    2 Right
    3 Left
    4 Back
    5 Up
    6 Centre
    7 Down

    TRI BAWANA PUSER JAGAT
    Jagat wayang (kabeh)
    Jagat karameyan (ka’bah)
    Jagat langit (baka)

    TRI BAWANA LAYANG JAGAT
    (Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas)
    QUL BUNTET
    QUL BUNTET
    QUL BUNTET
    hati-hati dengan”QUL”dan efek sampingnya

    RAjah GAjah KApas seLAM JAgat WAyang

    TUHAN bersama orang-orang berani

    kanthi nyebut asmaningsun ingkang welas asih
    JI WA NU LI SA
    SA LI NA JI WA
    JI WA NA JA WI
    SE WU SA WI JI

    bacalah dan Tuhanmu Maha Pemurah! bacalah alam!
    Alam adalah bahasa kehidupan dan ilmu pengetahuan menjembatani untuk memberikan pengertian pada kita.

    kitab suci hinaku…
    tersari dalam bumi (harasy hati manusia hina)
    tesirat dalam tumbuh alami (tanda-tanda alam dunia)
    tersurat dalam makhluk (perilaku perbuatan mulia)

    tidak ada agama baru karena semua adalah berasal dari yang SAMA… hanya berbeda bahasa, tempat dan zaman… Tuhan mengetahui hati manusia dibalik perbedaan baju agama, bahasa, adat/tatacara apapun yang dipakai.
    dari semua god mail.. pintunya yang disebut welas asih atau ‘basmalah’ yang akan mengantarkan pada KESELAMATAN/Islam sebenar-benarnya.

    laa haula walaa quwwata illaa billaah

  58. Agama adalah terjemahan oleh manusia, beragama bisa membatasi tuhan, beragama bisa bikin manusia jadi tuhan. Islam ya islam, tdk ada islam yg sebenar benarnya, yg ada itu suni, itu syiah, itu ahmadiyah, itu nu, itu …, seperti halnya tdk ada metaram islam, metaram ya metaram

  59. On Februari 9, 2008 at 5:27 pm Endang Said:
    Agama adalah terjemahan oleh manusia, beragama bisa membatasi tuhan, beragama bisa bikin manusia jadi tuhan. Islam ya islam, tdk ada islam yg sebenar benarnya, yg ada itu suni, itu syiah, itu ahmadiyah, itu nu, itu …, seperti halnya tdk ada metaram islam, metaram ya metaram.

    guess :
    “tidak usah sok tahu… amalkan saja!”

  60. wah…
    kenapab pada ngeributin ini dan itu yach….
    kan kitqa belajat TAUHID…..ALLAh yang menentukan….Bukan Soal ramalan itu terbuktu apa bukan Tpi Apa yang telah kita lakukan untuk membalas yang teleh di berikan ALLAH SWT pada kita…..Ada Nabi MUhammad yang menjadi tangan kanan nya penerus kata2 nya…\\\\ hayo….jangan pake hawa nafsu jangan menyalahkan …….jika bertauhid maka tanya hati nurani……soal benar apa tidak….ramalan itu.toh kita belum tentu merasakan…..so bertauhid……lah…belajar agama yang hak….cari..yang benar…

    …piss…..

  61. On Februari 11, 2008 at 8:30 am sutarno45 Said:

    On Februari 9, 2008 at 5:27 pm Endang Said:
    Agama adalah terjemahan oleh manusia, beragama bisa membatasi tuhan, beragama bisa bikin manusia jadi tuhan. Islam ya islam, tdk ada islam yg sebenar benarnya, yg ada itu suni, itu syiah, itu ahmadiyah, itu nu, itu …, seperti halnya tdk ada metaram islam, metaram ya metaram.

    guess :
    “tidak usah sok tahu… amalkan saja!”

    …………………………………………….

    http://mahavatar.wordpress.com/2007/11/17/indra-keenam-adalah-pikiran/#comment-226

    2 Tanggapan ke “Indra Keenam Adalah Pikiran”

    1. sutarno45 Berkata:
    Februari 9, 2008 pada 7:47 am

    pikiran bukan indera ke enam.. lha fungsinya saja tidak menangkap sinyal ya to! pikiran itu berdiri, berpendapat sendiri.
    2. Mahavatar Berkata:
    Februari 9, 2008 pada 3:22 pm

    Anda tahu arti “indra” tak?
    Indra berarti pendeteksi.
    Misalnya penglihatan, mendeteksi gerakan dan penampakan.

    Pikiran sebagai indra keenam, mendeteksi arus kesadaran.

    Pikiran tak bisa berdiri. Bahkan tubuh kita, bumi kita ini pun tak bisa dikatakan berdiri.
    Justru sifat utama dari pikiran adalah “bergerak”.
    Dasar tolol, baru makan bangku TK saja sudah berani belagu di sini.
    Hehehe… Hati-hati… Di sini ada orang bijak.
    Hehehe…

    Cuma sesuatu yang punya “atta/inti tunggal yang tak berubah” yang bisa dikatakan berdiri. Kecuali dalam bahasa masyarakat tentunya.

    Tuhan bagaimana? Punya atta kah? Kita jawab saja “tak tahu”. Karena jika kita berkata “ada atta” atau “tak ada atta” maka keduanya harus dibuktikan.
    Yang jelas kita belajar dari alam, dan kita sudah melihat segala sesuatunya saling terkondisi dan bersebab-akibat, karena itulah tak ber atta yang mengakibatkan tak berdiri.

  62. indera ke enam adalah bulu kuduk…
    naiklah ke puncak gunung sendirian dimalam hari dan anggaplah itu ‘pintu setinggi batu’ untuk sekedar meredam keangkuhan yang tak seberapa.
    ilmu laku tak mudah ditipu pikiran.

    lakuning ngelmu kalampah sarana nglakoni,
    nglakoni kelawan kas, kas ingkang nyantosani.

    nuwun.

  63. terima kasih telah mengingatkanku atas ketololanku, apa yang aku dapat sebaiknya memang kusimpan sendiri. Yang mengerti dan merasakan serta mengalami penderitaan dengan ikhlas tidak menuhankan akal pikiran.
    sebaiknya aku tidak bicara disini lagi.

  64. Untuk mas tarno45: sing sabar ya, itu ndilalah aja aku pas diwarnet, cari info ttg unsur2 hara, mo bantu petani, dan beberapa “petani” ingin kembali lagi jadi petani yaitu memelihara tanah dan tanaman.

  65. On Februari 11, 2008 at 5:21 pm endang Said:

    Pikiran tak bisa berdiri. Bahkan tubuh kita, bumi kita ini pun tak bisa dikatakan berdiri.
    Justru sifat utama dari pikiran adalah “bergerak”.

    Komen:
    Setuju mas…. sifat bergerak itu sebenarnya tidak hanya pikiran saja. Semua yang ada di alam semesta ini sebenarnya hidup dan bergerak dengan ritmik tertentu. Sebenarnya masalah pemisahan dan berbagai istilah itu hanya untuk mempermudah manusia memahami alam saja. Dan segala sesuatu ciptaanNya diciptakan oleh Allah Yang Maha Hidup. Dan itu dibenarkan oleh ahli/ilmuwan fisika quantum dewasa ini, setelah memecah belah partikel sampe titik terkecil.

  66. Mohon maaf mas someone, itu bukan omongan aku, hanya copy paste, tapi memang pikiran mestinya hrs jumbuh sama karsa tuhan, tapi aku bingung klo njelasin itu. He..he..he

  67. Bentuk beserta watak dan sebaliknya, dua bentuk yg sama dg mengabaikan panjang lebar tinggi massa dikatakan topologi [klo tdk salah], misa kue donat dan ban dalam kendaraan, keduanya punya watak sama yaitu mudah menggelinding. tanpa meragukan siliwangi dan jayabaya, yg satu mengatakan lebak cawene dan satunya lagi gunung perahu, kedua figur itu menyebut bentuk yg sama

  68. Sungguh luar biasa ilmu yang dimiliki para leluhur kita
    semoga semua para pemimpin nusantara benar-benar orang yang dapat memahami hakikah kasampurnan hidup…eling…adil….becik….welas asih…..biso nyuwiji mareng dawuhe Gusti Ingkang Akaryo Jagad.

  69. Iya, dan kita hanya mampu memberi penilaian thd leluhur berdasarkan keyakinan, kalopun berdasar pengindraan kita, mungkin hanya semisal jongko atau borobudur sbg bukti beliau berilmu, itupun blm cukup bagi kita u/ menunjuk siapa satriopiningit walo sbagian dr kita telah dpt pengkhabaran, bukan berarti leluhur kita jg tdk mampu menunjuk siapa SPSW

  70. Seperti “tempuran” dibaca oleh yg punya blog sebagai pertemuan dua sungai atau pertemuan dua alam, tdk salah namun blm jg mampu menunjuk siapa pemimpin itu, tapi membuat kita kaya akan pemahaman, jd kita tetap untung walo pemimpin itu belum menyatakan diri

  71. 10 November 2009?
    wah… itu berarti peringatan 2 tahun pernikahan kami…
    wakakakakak…. =))

  72. Siliwangi melihat ratu adil melalui lebak cawene sedang jayabaya melalui gunung perahu, klo brawijaya ditemani bentuk sabdopalon demikian juga dengan ratu adil ditemani bentuk sabdopalon. Bentuk panglima perang ratu adil yg ngluruk tanpa bala menang tanpa ngasorake bila diterjemahkan dg bentuk yg sama, pasti tdk salah walo tetap blm menemukan figur ratu adil secara fisik. Kapan bentuk fisik ratu adil nampak? Ketika sebagian besar rakyat yg tdk eling dan waspada sudah menyatu menjadi satu bentuk yg sama dan ketika sadar mereka melihat satu bentuk yg lain yaitu bentuk dr orang eling dan waspada, pada waktu itulah secara aklamasi tanpa pemilu rakyat mendaulat suatu figur untuk memimpin negeri ini.

  73. Mengapa ratu adil yg saat ini dibicarakan dianggap belum muncul padahal dia secara fisik nyata ada : krn watak, sifat yg muncul dr ratu adil yg membentuk budaya nusantara nantinya blm terlihat, blm terasa oleh kita, namun bila kita berharap tetap terjaga (eling dan waspada) dr jaman kala bendu ini, harapan siliwangi dan jayabaya adalah supaya mencari ratu adil, sukur2 bisa berjumpa berjumpa sebelum ia memimpin nusantara. Siapa saja yg mencari kebaikan demi memperbaiiki diri pasti akan masuk ke wadah yg berbentuk cawan krn demikian saran dr siliwangi dan jayabaya, walo mungkin kita tdk saling sapa, kenal, dll. Klo lokasi cawan, aku masih cenderung sekitar Borobudur lereng menoreh

  74. Bentuk cawene bisa terselimuti/tak tampak/mumpet terjadi krn bentuk kita sendiri yg mengambil bentuk yg memancarkan keangkuhan, sombong. Orang alim jaman nabi pernah bilang: aku melihat manusia umumnya badannya saja yg manusia kepalanya hewan, klo tdk salah itu ucapan imam ali gurunya tukang bambu salman al farisi

  75. kalian semua itu kenapa sich ???? podo nggoleki opo toh? koq podo saur manuk kabeh nganti mumet sirahku…sebaiknya kita serahkan aja semuanya ke Tuhan YME dan untuk kita sendiri sebaiknya kita melihat diri masing-masing [termasuk saya] apakah kita sudah menjalankan semua perintahNYA.Dan saling berbuat baik terhadap sesama kita ???? kok saya pikir-pikir lagi Blog ini kok seperti tempatnya orang tawuran.Jangan lupa kita melihat tetangga kita atau mereka-mereka yang sedang kesusahan itu pernah kita bantu?
    Sebaiknya kita kembali lagi kepada TITAH kita sebagai manusia umatnya Rosul dan Makhluk Allah Swt.
    Saya rasa demikian masukan dari saya. Untuk pemilik Bolg ini sebaiknya comment yang berbau SARA saya mohon di delete dari peredaran. Anda dengan memelihara Blog ini berarti memelihara persaudaraan diantara kita.
    Terima Kasih.
    Dari bawah kaki Pasarean Gunung Jati.-Ndalem Kasepuhan.-Ndalem Kanoman.-Ndalem Kacirebonan.-Ndalem Ngayogyakarta Hadiningrat.-Ndalem Ngampel.-Ndalem Botoputih Suroboyo.-Ndalem Kraton Surakarta.-Ndalem Demak Bintoro.-Ndalem Majapahit.-Ndalem Kepatihan Banyuwangi.-Dari lereng Ciremai.-

  76. Iya mas frogie, aku caranya ngenal diri dg mencari lembah cawan

  77. Mas karebet berminat thd magelang? Magelang berarti yg membentuk gelang, klo memperhatikan cawan, pinggir/bibirnya berbentuk gelang.

  78. Jadi yg dipandang joyoboyo dengan gunung perahunya dan siliwangi dengan lebak cawene nya adalah sama krn tdk menghiraukan nama, tempat, ukuran. Keduanya melihat wujud yg sama yaitu cekungan. Hal ini jg dimungkinkan sekali dg tokoh atau figur dari masa ke masa dg nama tempat ukuran pakaian figur yg beda namun dg bentuk yg sama.

  79. Dari banyak Bentuk cawan yg dari masa ke masa sebagai tempat petilasan leluhur itu yg aku perkiraan sebagai tempat untuk mengenal SPSW, dan menurutku krn ditempat petilasan, maka u/ mengenalnya tentu saja dg berdoa atau sejenisnya, walo SP maujud di 1 tempat saja namun antar bentuk cawan tsb sambung/terhubung satu sama lainnya

  80. Buat Om Endang teruslah mencari dan jangan menyerah ntar banyak yg didapet :)

  81. sama2 mas eddycorret

  82. bait terakhir jayabaya:
    “karena dapat masuk ke dalam hati ada manusia yang bisa bertemu tapi ada manusia yang belum saatnya jangan iri dan kecewa itu bukan waktu anda”

    terjemahan:
    beberapa orang beruntung bisa mengenali/bertemu ratu adil sebelum goro2, siapakah itu :”para asuhannya menjadi perwira perang jika berperang tanpa pasukan
    sakti mandraguna tanpa azimat,bergelar pangeran perang
    kelihatan berpakaian kurang pantas namun dapat mengatasi keruwetan orang banyak”. salah satu asuhannya adalah pemuda berjanggut(bukan jenggot lho):”Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datangnya memakai baju serba hitam sambil menyanding sarung tua.”

    demikian mas eddy, semakin lama untuk bisa bertemu sama ratu adil berarti semakin banyak dapat pengalaman.
    moga saja sejarah cawene dari jaman ajisaka, diponegoro, pemuda gembala segera dijabarkan secara detail olah pemuda gembala sendiri

  83. Mas frogie,kaya ibu bapa aja pas lagi pulangsih, keliatannya bisa dianggep lagi berantem,padalan lagi berkasih-kasihan,nyocokin rasa,ngejumbuhin rasa he he he buat ngelahirin seorang manusia baru,jadi ga ada sebenernya yg tawuran di blog ini,cuma lagi ngegathukin rasa aja supaya cocok,hingga nantinya bisa melahirkan “manusia2 baru nuswantara” hehehe….

  84. iya,mas siapa aje, nanti tak usahakan ketemu wiku yang dari mendut,klo yang dari muslim kira2 siapa yang bisa ditanyai? ya klo tanya wiku kan agak kikuk. tapi rasanya yang lebih pas buatku ya lewat pertanian itu untuk bisa ketemu “sing dienteni”.

  85. Dilakoni wae kang endang….
    Sebelum masa ketemu kalo spektrum kenalan dan wawasan kita lebih luas khan lebih baik. Sehingga bisa ngebantuin lebih banyak dan lebih luas pula.

  86. Bpk Damardjati Supadjar juga rasanya sedikit banyak ngerti…..tp ga tau juga yah he he he…..saya sendiri yah belon ketemuan sama Sri Pannavaro he he he…..cuma kayanya beliau ngerti deh…

  87. Bpk Damarjati supadjar itu penasehat sri sultan? hmmm nggak dech! mas siapa aja belum pernah ke pak wiku? wah payah! aku serius lho klo dah ada kesempatan aku mau ke mendut, tapi klo gak ada referensi ke pak wiku langsung nylonong tanya hal sabdopalon/semar rasanya wagu. kira2 semarnya versi wiku “”bagaimana”” ya? wah klo yang ini juga prasangka thd wiku.

  88. Untuk Mas Endang.
    Entah kenapa tiba-tiba ingin saya sampaikan pesan pada anda.
    Tolong diingat baik-baik jangan sampe lupa.
    Pertama, Lebak Cawene bukan tempat bertapa, bukan petilasan Joyoboyo, Siliwangi, Ronggowarsito dll. menurut peta hologram saya, Lebak Cawene adalah tempat wisata yg digunakan untuk bersembunyi.
    Kedua, Lebak Cawene menurut peta hologram saya letaknya bukan di Jawa tetapi di luar Jawa.
    Ingat baik-baik 2 hal tersebut, Mas Endang akan melihat kembali pesan saya ini pada saat SP muncul sekitar nopember dan desember 2008.
    —–Sampai Jumpa—–

  89. Oke bos eddy

  90. 888

  91. mudah mudahan yg di maksud mempunyai tanda berbentuk pulau di punggung nya. dan pulau di sini adalah pulau Jawa

  92. o = O = ?
    o adalah bentuk bulat dari sel hidup terkecil
    = adalah bentuk antara yang berwujud manusia nyata
    O adalah bentuk bulat dari planet hidup
    = adalah bentuk antara yang berwujud manusia maya
    ? adalah mula dari segala mula (tanpa nama) dan disini manusia mengenal getaranNYA.. ketika manusia belum mengenal kalam.

    adam yang awal adalah yang mengenal semua makhlukNYA
    yang mesti dicapai maqamnya untuk sampai padaNYA dengan melampaui maqam para nabi dan orang suci lainnya.

    adam (alif) membawa sifat rahman
    hawa (ha) membawa sifat rahim
    diantaranya (lam lam) adalah cinta sehingga kita mengenal asma ALLAH dengan sifat RAHMAN dan RAHIM yang hanya bisa didekati dengan tangisan CINTA makhluk (manusia) pada KHALIK yang disebut RUHUL LUH

    luluh lantak segala angkuh dan pongah hamba yang diliputi kehinaan ini dan hanya mengemis dihadapanNYA(?)

  93. CAKRANINGRAT

    berawal..
    dari dimensi tanpa dimensi.. dari wujud tanpa wujud
    KUN FAYAKUN
    gema kalamullah.. menggetarkan dimensi sunyi
    menimbulkan arus perputaran.. kabut tersamar
    cahaya mengkristal bertebaran mengelilingi pusat kalam
    LAA ILAAHA ILLALLAH
    menghujam bertubi-tubi.. dalam dada tiap makhluk
    menimbulkan tangis.. bumi dengan langit
    memasuki rongga-rongga.. antara dua dunia
    menitiskan isbat.. kehadiran kehidupan
    berjalan meniti.. garis edaran
    menyatukan dua alam.. diikat kasih asmara suci
    menumbuhkan benih.. biji pengisi kekosongan
    menggelar kisah-kisah kehidupan
    cerita tangis dan tawa.. sedih dan gembira
    dalam panggung dunia.. kesementaraan
    berjalan dalam kepayahan.. dengan selalu memohon
    kekuatan.. Yang Maha Pencipta Agung
    agar memahami sabab-musabab.. Sunatullah
    agar dapat kembali..
    kehadirat pemegang tertinggi..
    Sang Maha Pentahta Titah-Titah Hidup
    dalam hakikat kehidupan yang selalu berputar
    dengan harapan..
    untuk dapat mencapai..
    Kedamaian dan Ketentraman..
    Seutuh-utuhnya
    A – A “Insya Allah”

  94. kulo nuwun,

    figur ini di di gunung jati dikenal dengan nama seh jatisura kakek buyut seh jabaranta sedang di jawa tengah/timur dikenal dengan nama seh jumadilkubro kakek buyut seh abdul jalil, disebutkan di serat kandha carang seket seh jatisura mempunyai anak suka mencari “harta benda” dan klo bersedekah bisa2 semua harta disedekahkan, sedangkan anak yang lainnya suka “bertapa” (semacam kesaktian)-(mirip anwas anwar)-. anak yang pertama dan keturunannya sering “dikaitkan” dengan walisongo/demak sedang anak yang suka bertapa tsb lebih dekat dengan bondan kejawen dan keturunannya. aku dapat cerita dari seseorang kalo antar keluarga besar tsb akan ada seorang perantara dengan sebutan permadi-(kalo ini ga ada dicarang seket, seperti juga 2 sumber air yang disebut di jongko versi pak sito tidak menyebut air asin dan tawar)-, yang akan menyatukaan keluarga besar seh jumadil kubro tsb. maksudku Ratu Adil bisa dipandang nantinya sebagai permadi yang kusebut diatas dan tentu/mungkin saja permadi ini dekat dengan 2 figur yang mewakili keluarga seh jumadil kubro.

    catatan: sunan gunungjati(syarif hidayatullah) yang sering disebut anggota walisongo bukanlah keturunan seh jumadil jubro dan sunan giri yang disebut anggota walisongo apa anak dari seh wali lanang? aku gak tau..he..he..he.

    demikian karanganku yang aku tulis asal-asalan dengan mimik asal bunyi, tur ini kan sastra tanpa wujud, ehm..ehm.

  95. Iseng2 buka net buat cari2 info selain dari blog ini. Eh ternyata kok nemu yang lumayan…. bisa dijadikan bacaan. Yang bikin geli hihihihi… tulisannya sunan kuning penebar pesona… ikutan nimbrung di kolom komen… sampe hapal ternyata sudah menyebar dimana-mana…

    Di Zaman Apa Kita saat ini Berada ?

    Met membaca…. biar tambah ilmu…hehehehe

  96. Aku penasaran banget sama ramalan “7 satria”, presisinya kok detil banget. Cuman kok ya ndak dikasih tahu ya itu sumbernya dari mana. Kalo dari tulisan ronggowarsito, dari tulisannya di kitab/serat apa??

    Ada yang tahu kah???

  97. mas someone, aku dapat cerita: ketika Hidir ditanya oleh IBLIS (kata yang punya cerita, iblis tampangnya tidak buruk, pakaiannya bagus).

    IBLIS : kalo anda berkuasa lagi, apakah saya diperbolehkan berkiprah ( bekerja sesuai bidangnya) ?
    Hidir : boleh saja, wong kamu kerjaannya tukang pungut sampah.

    kata yang punya cerita lagi, Hidir tidak bermusuhan dengan Iblis, hanya iblis memang takut sama Hidir sehinga ia minta ijin untuk memungut sampah ( makan orang yang tidak manut sama hidir), ya BENTUKnya mirip cerita sabdopalon bila ia sudah datang kembali setelah 500 tahun, akan membinasakan yang tak manut sama sabdopalon.

    tapi ya cuma cerita.

  98. Iya mas mungkin ada benarnya juga. Kalau kita melihat orang-orang yang kebetulan pas mengalami fase bertabiat buruk, tukang ngompas dan lain-lain lah. Rasanya sih oke-oke saja kalo dipungutin sama tukang sampah. Tapi yang sekarang bikin trenyuh kaum “yang” umat beragama pun terkadang kurang yakin sama Gustinya sendiri (untuk dimintai pertolongan secara total), alhasil ngandalin bermain dengan logika semata, dalam berniaga termasuk urusan dengan Tuhannya. Sehingga perasaannya masih gampang diombang-ambingkan sama si tukang pungut sampah itu. Kalo dah liat gitu jadi sedih banget mas.

  99. Kepada pak SBY sebelum naekan harga BBM, saya mau nanya neh. Ngomong2 Pertamina dan perusahaan Minyak asing sudah diaudit belum secara transparan kepada masyarakat hasil produksi minyaknya beserta biaya produksinya secara tepat dan benar kepada MASYARAKAT INDONESIA sebelum menaikan harga BBM.
    Jangan sampai BBM naek lagi tanpa upaya pemerintah dan perusahaan minyak nasional yang bener-bener yang ujung-ujungnya penipuan publik. (tidak jelas)
    Kasian masyarakat sudah dalam kondisi akut sekarang ini. Efek ke depan banyak orang gila dan koit loeh (racun diri sendiri) pak.

  100. Kalo dulu sampahnya kan udah dibakarin sama ndoro purbo,rada pusing tuh “SI MAHA INDAH menurut Nafsu angan2 perwujudan manusia”,mau ngumpulin sampah dimana lagi he he he

  101. paling repot kalo udah doyannya “ngompas Gusti Allah”, ibadah di umpamain belanja ke toko toserba,habis ini minta yg ono he he he,dan diitung2 pake dasar untung rugi perdagangan he he he

  102. Mantakan jaman dulu itu dilarang makan babi,supaya manusia itu nyari makannnya ga seperti babi,segala sampah kotoran dimakan,ngudag2 tempat sampah he he he…
    Dan jangan sampai makan babi dianggap haram,tp makan babu TkI halal,makan duit orang halal,makan lahan n hak orang halal,dsbnya he he he………

  103. dengan berperilaku begitu sekalipun ga makan babi,tapi udah ngehayatin sifatnya babi he he he

  104. Nyitir dari bbrp koran :
    Kalau harga BBM tidak dinaikkan, berarti kita harus potong biaya pendidikan, jalan, kesehatan.
    Sikap ragu-ragu pemerintah dinilai sebagai ketakutan terhadap kelas menengah. (Faisal Basri)
    Indonesia sebagai penghasil orang kaya terbanyak di Asia Pasifik, tapi bukan hak mereka seperti subsidi kata Faisal Basri
    Kesalahan pemerintah makin bertambah karena dalam 10 tahun setelah reformasi tidak membangun kilang baru, sehingga ekspor 2,9 milliar liter dan impor 12,7 milliar liter.
    Subsidi BBM naik dari 1,2 juta barel per hari menjadi 1,6 juta barel per hari. Sehingga wapres menambahkan tidak ada pilihan lain kecuali menaikan harga, “Mau ahlinya kek, mau dokternya, silahkan tidak ada acara lain caranya ya harus dinaikkan (pokoke)” .

    Wapres: Demo Berarti Bantu Orang Mampu
    Sumber:

    http://www.antara.co.id/arc/2008/5/10/wapres-demo-berarti-bantu-orang-mampu/

    Jakarta – Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan aksi-aksi demo yang dilakukan mahasiswa terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sama artinya dengan membantu orang mampu.

    “Jadi jika banyak demo (terkait kenaikan BBM) berarti membantu orang mampu,” kata Wapres M Jusuf Kalla saat meresmikan gedung Recapital di Jakarta, Sabtu.

    Menurut Wapres saat ini subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah sudah mencapai sekitar Rp300 trilyun. Sementara subsidi tersebut justru lebih banyak diterima oleh orang mampu.

    pemerintah terus mencari cara terbaik agar penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) sebagai kompensasi atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa dilakukan lebih baik dari tahun sebelumnya (2005).

    “Siapa yang pakai? (subsidi Rp300 T). Yang pakai itu 80 persen orang mampu. Jadi kalau tidak dinaikkan justru orang mampu yang menikmati,” kata Wapres.

    Wapres menjelaskan bahwa harga bensin sebenarnya mencapai Rp 9000 s/d 10 ribu. Namun dengan subsidi hanya dijual ke masyarakat seharga Rp4500. Padahal yang paling banyak menggunakan bensin dan solar adalah orang mampu. Dan itu adalah mereka-mereka yang memiliki mobil.

    Lebih lanjut Wapres mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan untuk penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT). Menurut Wapres untuk persiapan penyaluran BLT saat ini sedang dilakukan pencetakan kartu.

    “Semalam kita kumpulkan PT Pos dan instansi terkait untuk persiapan-persiapan penyaluran BLT. Kita cari cara supaya lebih lebih baik,” kata Wapres M Jusuf Kalla.

    Wapres mengaku optimis penyaluran BLT akan bisa lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

    Ketika ditanyakan kapan kenaikan harga BBM tersebut akan diumumkan, Wapres tidak menyebutkan tanggalnya secara pasti.

    “Saya kira tidak lama lagi. Kira-kira akhir bulan inlah,” kata Wapres.

    Sebelumnya saat meresmikan gedung Recapital, Wapres mengatakan bahwa tidak ada pemerintah yang ingin menyulitkan rakyatnya. Namun kenaikan harga BBM dunia sudah sangat memberatkan.

    Selama ini, tambahnya dengan kenaikan harga tersebut subsidi BBM telah mencapai Rp300 trilyun. Dengan demikian, tambahnya jika tidak dinaikan akan sangat berbahaya.

    Wapres mengakui bahwa pemerintah harus memilih dan memutuskan suatu kebijakan. Dan pilihan kebijakan yang diambil pemerintah adalah yang membela rakyat kecil.

    Disini pemerintah secara sengaja menampilkan dan memunculkan melalui BBM ini isu masyarakat kaya dan masyarakat miskin dan rentan sekali menimbulkan permasalahan sosial. Sekarang kita bertanya bukanlah dalam struktur masyarakat mesti ada suatu golongan yang diatas, ditengah dan dibawah dan itu merupakan sudah suratan (sunatulah). Dan itu sebenarnya tidaklah perlu terlalu dipolemikan. Golongan kelas menengah dan atas yang diasumsikan adalah badan-badan usaha swasta dimana menggunakan bahan bakar minyak tanah sebagai penggerak mobilitas tentu mereka menggunakan lebih banyak untuk menunjang bisnisnya. Tapi siapa yang menikmati ya tentu saja para karyawan dan para masyarakat bawah yang mendapatkan makan dari aktivitas bisnis tersebut. Sehingga lawan dari kenaikan BBM adalah kelancaran dalam aktivitas bisnis masyarakat. Dan itu dalam ilmu ekonomi sering disebut MULTIPLIER EFEK. Yaitu efek berganda dan berantai akibat terjadinya suatu kebijakan.

    Apabila ada statement dari Wapres, “Kalau harga BBM tidak dinaikkan, berarti kita harus potong biaya pendidikan, jalan, kesehatan”. Sehingga kalau kita boleh jujur saat ini, yang seharusnya kita diskusikan dan bicarakan adalah masalah MULTIPLIER EFEK antara dengan adanya kenaikan BBM dan
    MULTIPLIER EFEK tanpa adanya kenaikan BBM
    Karena apabila suatu harga sudah naek dan berantai berapapun nilai BLT tidak akan mampu mensejajarkan kesejahteraan masyarakat seperti semula, karena efek multiplier berjalan jauh lebih tinggi dari nilai nominal uang yang diberikan. Boleh dikatakan secara halus terjadi perampokan kesejahteraan dari kaum miskin ke kaum kaya / negara secara nominal.

    Menilik pada jaman pemerintahan Megawati dimana harga minyak waktu itu tidak begitu bergejolak. Dan kenaikan minyak masih tataran wajar, ternyata masyarakat dengan perlahan-lahan mampu bangkit dari krisis dengan sendirinya. Kemandirian masyarakat cukup bagus terutama dari kalangan kaum menengah ke bawah (UMKM). Sehingga sektor inilah yang harusnya dpikirkan dengan adanya kenaikan harga komoditi dan harga BBM. Karena kalau sektor ini habis hangus, Indonesia mau gimana lagi. Sehingga untuk masalah pendidikan, kesehatan bisa saja diserahkan kepada masyarakat,untuk ikut membantu dan memikirkan. Misalnya bagi perusahaan-perusahaan yang membantu di bidang pendidikan, atau pun kesehatan bisa mendapatkan insentif pajak. Demikian juga pihak pemerintah daerah bisa saja menerbitkan suatu daftar sekolah-sekolah / kesehatan yang memang membutuhkan bantuan dana/yang lain dan dari pihak Perusahaan wajib pajak bisa juga sebagian dananya disalurkan kesana ataupun ada prosentase maksimal penyaluran dana ke sektor2 tersebut.

    Untuk lebih menunjang komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat, anggap saja sebagai corporate governmentnya, dimana masyarakat adalah stakeholders, ya semua informasi penerimaan dan pengeluaran sebaiknya semakin transparan, sehingga diharapkan terjadinya suatu kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah, dimana sekarang sangat minim sekali, karena sering terjadinya manipulasi-manipulasi publik. Sehingga minimal permasalahan intern sosial seperti menyangkut kesehatan dan pendidikan bisa diselesaikan bersama.

    “Indonesia sebagai penghasil orang kaya terbanyak di Asia Pasifik, tapi bukan hak mereka seperti subsidi”, kata Faisal Basri. Yang jadi pertanyaan kondisi riil masyarakat yang hancur-hancuran begini, kok Indonesia penghasil orang kaya. Berarti yang berada diatas sana para penghisap donk. Dan mereka dapet duit dari mana? Asing? Atau mereka yang diatas sana antek-antek asing semua?

    Untuk masalah disparitas harga seperti BBM di Indonesia lebih murah harganya dari negara lain, sehingga menimbulkan masalah. Beda premium Rp. 4000 dengan luar. Minyak tanah Rp. 6000 dengan luar, sebenarnya itu gak masalah karena itu menyangkut kedaultan negara masing-masing tinggal tekan para penyelundup/penimbun. Biar aparat ada kerjaan lah, demi efisiensi BBM di lapangan.
    Kesalahan pemerintah makin bertambah karena dalam 10 tahun setelah reformasi tidak membangun kilang baru, sehingga ekspor 2,9 milliar liter dan impor 12,7 milliar liter, ini merupakan entri point bagus untuk mengaudit Pertamina dan pemerintah untuk urusan migas. Kenapa kok bisa sampai lalai.

    SARAN-SARAN
    ——-
    Oleh karena itu gimana kalo bagi tugas ajah, pemerintah ngeblok itu harga migas jangan sampe naek… neh BBM. Karena masyarakat dah efisiensi matian2 sejak kenaikan 2005 lalu, sekarang mungkin tinggal klepeknya.
    ——-
    Efisienkan itu pertamina dari perusahaan bergaji tinggi biar ngerasain penderitaan rakyat juga, minimal bisa ngirit pengeluaran negara. Biasa orang itu keliatan asli wataknya kalau sudah kondisi kepepet (menderita), apakah dia itu orang bener-baik, setengah baik, atau mungkin jahat. Kalo mereka golongan gak sabar/jahat ya di-cut saja.
    Jangan ninabobokan masyarakat Indonesia dengan gaji tinggi tapi dengan semangat kejuangan itulah yang terpenting. Karena dengan semangat juang alam kondisi apapun secara bersama-sama kita akan survive dan bertahan hidup.
    ——-
    Alihkan fokus dari sekedar money oriented ke sektor riil (kondisi barang nyata), karena kondisi kenaikan BBM dan barang komoditi naek seperti ini disinyalir karena kepanikan para pemilik uang raksasa dunia yang bingung mau menaruh uangnya dimana. Karena sektor ekonomi Amerika Serikat (dollar) sudah tidak menjanjikan lagi untuk menghasilkan return yang memadai. Alhasil dijadikanlah barang komoditi sebagai alat judi mereka untuk menghasilkan uang dalam waktu tempo cepat dan berefek kenaikan harga komoditi dimana-mana di seluruh dunia.
    Harusnya hal seperti ini bisa diblok secara bersama-sama asal kompak, dan jangan diikuti arus permainan mereka. Kalau anda memang membela rakyat kecil dan masyarakat Indonesia.
    ——-

  105. Nyitir dari bbrp koran :
    Kalau harga BBM tidak dinaikkan, berarti kita harus potong biaya pendidikan, jalan, kesehatan.
    Sikap ragu-ragu pemerintah dinilai sebagai ketakutan terhadap kelas menengah. (Faisal Basri)
    Indonesia sebagai penghasil orang kaya terbanyak di Asia Pasifik, tapi bukan hak mereka seperti subsidi kata Faisal Basri
    Kesalahan pemerintah makin bertambah karena dalam 10 tahun setelah reformasi tidak membangun kilang baru, sehingga ekspor 2,9 milliar liter dan impor 12,7 milliar liter.
    Subsidi BBM naik dari 1,2 juta barel per hari menjadi 1,6 juta barel per hari. Sehingga wapres menambahkan tidak ada pilihan lain kecuali menaikan harga, “Mau ahlinya kek, mau dokternya, silahkan tidak ada acara lain caranya ya harus dinaikkan (pokoke)” .

    Wapres: Demo Berarti Bantu Orang Mampu
    Sumber:

    http://www.antara.co.id/arc/2008/5/10/wapres-demo-berarti-bantu-orang-mampu/

    Jakarta – Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan aksi-aksi demo yang dilakukan mahasiswa terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sama artinya dengan membantu orang mampu.

    “Jadi jika banyak demo (terkait kenaikan BBM) berarti membantu orang mampu,” kata Wapres M Jusuf Kalla saat meresmikan gedung Recapital di Jakarta, Sabtu.

    Menurut Wapres saat ini subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah sudah mencapai sekitar Rp300 trilyun. Sementara subsidi tersebut justru lebih banyak diterima oleh orang mampu.

    pemerintah terus mencari cara terbaik agar penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) sebagai kompensasi atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa dilakukan lebih baik dari tahun sebelumnya (2005).

    “Siapa yang pakai? (subsidi Rp300 T). Yang pakai itu 80 persen orang mampu. Jadi kalau tidak dinaikkan justru orang mampu yang menikmati,” kata Wapres.

    Wapres menjelaskan bahwa harga bensin sebenarnya mencapai Rp 9000 s/d 10 ribu. Namun dengan subsidi hanya dijual ke masyarakat seharga Rp4500. Padahal yang paling banyak menggunakan bensin dan solar adalah orang mampu. Dan itu adalah mereka-mereka yang memiliki mobil.

    Lebih lanjut Wapres mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan untuk penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT). Menurut Wapres untuk persiapan penyaluran BLT saat ini sedang dilakukan pencetakan kartu.

    “Semalam kita kumpulkan PT Pos dan instansi terkait untuk persiapan-persiapan penyaluran BLT. Kita cari cara supaya lebih lebih baik,” kata Wapres M Jusuf Kalla.

    Wapres mengaku optimis penyaluran BLT akan bisa lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

    Ketika ditanyakan kapan kenaikan harga BBM tersebut akan diumumkan, Wapres tidak menyebutkan tanggalnya secara pasti.

    “Saya kira tidak lama lagi. Kira-kira akhir bulan inlah,” kata Wapres.

    Sebelumnya saat meresmikan gedung Recapital, Wapres mengatakan bahwa tidak ada pemerintah yang ingin menyulitkan rakyatnya. Namun kenaikan harga BBM dunia sudah sangat memberatkan.

    Selama ini, tambahnya dengan kenaikan harga tersebut subsidi BBM telah mencapai Rp300 trilyun. Dengan demikian, tambahnya jika tidak dinaikan akan sangat berbahaya.

    Wapres mengakui bahwa pemerintah harus memilih dan memutuskan suatu kebijakan. Dan pilihan kebijakan yang diambil pemerintah adalah yang membela rakyat kecil.

    === TANGGAPAN AJAH ===

    Disini pemerintah secara sengaja menampilkan dan memunculkan melalui BBM ini isu masyarakat kaya dan masyarakat miskin dan rentan sekali menimbulkan permasalahan sosial. Sekarang kita bertanya bukanlah dalam struktur masyarakat mesti ada suatu golongan yang diatas, ditengah dan dibawah dan itu merupakan sudah suratan (sunatulah). Dan itu sebenarnya tidaklah perlu terlalu dipolemikan. Golongan kelas menengah dan atas yang diasumsikan adalah badan-badan usaha swasta dimana menggunakan bahan bakar minyak tanah sebagai penggerak mobilitas tentu mereka menggunakan lebih banyak untuk menunjang bisnisnya. Tapi siapa yang menikmati ya tentu saja para karyawan dan para masyarakat bawah yang mendapatkan makan dari aktivitas bisnis tersebut. Sehingga lawan dari kenaikan BBM adalah kelancaran dalam aktivitas bisnis masyarakat. Dan itu dalam ilmu ekonomi sering disebut MULTIPLIER EFEK. Yaitu efek berganda dan berantai akibat terjadinya suatu kebijakan.

    Apabila ada statement dari Wapres, “Kalau harga BBM tidak dinaikkan, berarti kita harus potong biaya pendidikan, jalan, kesehatan”. Sehingga kalau kita boleh jujur saat ini, yang seharusnya kita diskusikan dan bicarakan adalah masalah MULTIPLIER EFEK antara dengan adanya kenaikan BBM dan
    MULTIPLIER EFEK tanpa adanya kenaikan BBM
    Karena apabila suatu harga sudah naek dan berantai berapapun nilai BLT tidak akan mampu mensejajarkan kesejahteraan masyarakat seperti semula, karena efek multiplier berjalan jauh lebih tinggi dari nilai nominal uang yang diberikan. Boleh dikatakan secara halus terjadi perampokan kesejahteraan dari kaum miskin ke kaum kaya / negara secara nominal.

    Menilik pada jaman pemerintahan Megawati dimana harga minyak waktu itu tidak begitu bergejolak. Dan kenaikan minyak masih tataran wajar, ternyata masyarakat dengan perlahan-lahan mampu bangkit dari krisis dengan sendirinya. Kemandirian masyarakat cukup bagus terutama dari kalangan kaum menengah ke bawah (UMKM). Sehingga sektor inilah yang harusnya dpikirkan dengan adanya kenaikan harga komoditi dan harga BBM. Karena kalau sektor ini habis hangus, Indonesia mau gimana lagi. Sehingga untuk masalah pendidikan, kesehatan bisa saja diserahkan kepada masyarakat,untuk ikut membantu dan memikirkan. Misalnya bagi perusahaan-perusahaan yang membantu di bidang pendidikan, atau pun kesehatan bisa mendapatkan insentif pajak. Demikian juga pihak pemerintah daerah bisa saja menerbitkan suatu daftar sekolah-sekolah / kesehatan yang memang membutuhkan bantuan dana/yang lain dan dari pihak Perusahaan wajib pajak bisa juga sebagian dananya disalurkan kesana ataupun ada prosentase maksimal penyaluran dana ke sektor2 tersebut.

    Untuk lebih menunjang komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat, anggap saja sebagai corporate governmentnya, dimana masyarakat adalah stakeholders, ya semua informasi penerimaan dan pengeluaran sebaiknya semakin transparan, sehingga diharapkan terjadinya suatu kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah, dimana sekarang sangat minim sekali, karena sering terjadinya manipulasi-manipulasi publik. Sehingga minimal permasalahan intern sosial seperti menyangkut kesehatan dan pendidikan bisa diselesaikan bersama.

    “Indonesia sebagai penghasil orang kaya terbanyak di Asia Pasifik, tapi bukan hak mereka seperti subsidi”, kata Faisal Basri. Yang jadi pertanyaan kondisi riil masyarakat yang hancur-hancuran begini, kok Indonesia penghasil orang kaya. Berarti yang berada diatas sana para penghisap donk. Dan mereka dapet duit dari mana? Asing? Atau mereka yang diatas sana antek-antek asing semua?

    Untuk masalah disparitas harga seperti BBM di Indonesia lebih murah harganya dari negara lain, sehingga menimbulkan masalah. Beda premium Rp. 4000 dengan luar. Minyak tanah Rp. 6000 dengan luar, sebenarnya itu gak masalah karena itu menyangkut kedaultan negara masing-masing tinggal tekan para penyelundup/penimbun. Biar aparat ada kerjaan lah, demi efisiensi BBM di lapangan.
    Kesalahan pemerintah makin bertambah karena dalam 10 tahun setelah reformasi tidak membangun kilang baru, sehingga ekspor 2,9 milliar liter dan impor 12,7 milliar liter, ini merupakan entri point bagus untuk mengaudit Pertamina dan pemerintah untuk urusan migas. Kenapa kok bisa sampai lalai.

    SARAN-SARAN
    ——-
    Oleh karena itu gimana kalo bagi tugas ajah, pemerintah ngeblok itu harga migas jangan sampe naek… neh BBM. Karena masyarakat dah efisiensi matian2 sejak kenaikan 2005 lalu, sekarang mungkin tinggal klepeknya.
    ——-
    Efisienkan itu pertamina dari perusahaan bergaji tinggi biar ngerasain penderitaan rakyat juga, minimal bisa ngirit pengeluaran negara. Biasa orang itu keliatan asli wataknya kalau sudah kondisi kepepet (menderita), apakah dia itu orang bener-baik, setengah baik, atau mungkin jahat. Kalo mereka golongan gak sabar/jahat ya di-cut saja.
    Jangan ninabobokan masyarakat Indonesia dengan gaji tinggi tapi dengan semangat kejuangan itulah yang terpenting. Karena dengan semangat juang alam kondisi apapun secara bersama-sama kita akan survive dan bertahan hidup.
    ——-
    Alihkan fokus dari sekedar money oriented ke sektor riil (kondisi barang nyata), karena kondisi kenaikan BBM dan barang komoditi naek seperti ini disinyalir karena kepanikan para pemilik uang raksasa dunia yang bingung mau menaruh uangnya dimana. Karena sektor ekonomi Amerika Serikat (dollar) sudah tidak menjanjikan lagi untuk menghasilkan return yang memadai. Alhasil dijadikanlah barang komoditi sebagai alat judi mereka untuk menghasilkan uang dalam waktu tempo cepat dan berefek kenaikan harga komoditi dimana-mana di seluruh dunia.
    Harusnya hal seperti ini bisa diblok secara bersama-sama asal kompak, dan jangan diikuti arus permainan mereka. Kalau anda memang membela rakyat kecil dan masyarakat Indonesia.
    ——-

  106. ……“Siapa yang pakai? (subsidi Rp300 T). Yang pakai itu 80 persen orang mampu. Jadi kalau tidak dinaikkan justru orang mampu yang menikmati,” kata Wapres….

    “kalo BBM tidak dinaikkan yang menikmati orang yang mampu”

    kalo diteruskan jadi begini:
    kalo dinaikkan yang tidak mampu beli BBM adalah “orang yang tidak mampu”

    jadi ingat anekdot ala Yahudi, begini:
    lembar depan sebuah koran di Israel berbunyi: ” 50 % anggota parlemen israel ternyata pembohong”.
    Esoknya ketua parlemennya protes kepada Pemimpin koran tersebut, Pemimpim Koran tsb langsung meminta maaf dan berjanji akan meralat berita tersebut. hari berikutnya pemimpin koran betul2 meralat berita, ” 50 % anggota parlemen Israel ternyata bukan pembohong “

  107. ada khabar dari sekitar kabupaten magelang,mungkin yang dari grabag, pakis, kalingkrik sudah dengar atau menyaksikan, “banyu urip” muncul kembali. banyak mudal(tuk,sumber air) bermunculan, tentu saja disengaja.

    nama daerah (pedukuhan) banyurip terdapat dimana mana yang dulu dikaitkan dengan tokoh yang tinggal di gunung tirto grabag

  108. Yah ini sekedar tanggapan saja dari saya, anggap saja buat untuk baca-baca saja lah….
    Buat Mas Bustanus… anggap aja buat bahan obrolan sambil ngopi-ngopi yah.

    Detik.com – 16/05/2008 – 06:40 WIB (detik.com)
    Tudingan Demo BBM Ditunggangi
    Pernyataan KaBIN Buat Rakyat Nyaman dan Waspada

    Jakarta – Pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar yang mengatakan
    demo BBM ditunggangi dinilai tepat. Pernyataan Syamsir itu bisa membuat masyarakat
    nyaman dan waspada.

    “Dari segi pengamatan intelijen, apa yang dikatakan Syamsir itu actually bagus, tepat dalam rangka upaya memberi kenyamanan, bagi masyarakat”, ujar mantan Direktur Badan Koordinasi Intelijen Negara (Bakin) Dr. AC Manullang kepada detikcom, Rabu (14/5/2008)

    Indikasi yang dikatakan Syamsir bahwa ada mantan pejabat dan menteri yang menunggangi demo BBM, imbuh Manullang, sangat tinggi karena sudah merupakan produk intelijen.
    Pernyataan Syamsir juga mengajak masyarakat agar tidak mudah termakan isu penolakan kenaikan harga BBM.

    “Tetapi dia sebagai intelijen tidak boleh mengemukakan apapun fakta intelijen yang diperolehnya. Dia hanya melaporkan, tetapi pernyataan itu adalah refleksi dari informasi intelijen bagi kenyaman masyarakat. Ini karena sekarang harga BBM ini sudah sampai kepada masyarakat luas, termasuk ditunggangi intelijen asing, kata dia.

    Detik.com – 15/05/2008 – 06:15 WIB
    Tudingan Demo BBM Ditunggangi
    Pernyataan KABIN Didukung Data Kuat, Bukan Kira-kira

    Jakarta – Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) Syamsir Siregar mengatakan demo penolakan BBM ditunggani. Pernyataan Syamsir tersebut dinilai bukan hanya perkiraan belaka, tapi didukung data kuat.

    “Kalau pernyataan Kepala BIN mesti sudah didukung data. Karena tim lapangannya banyak, pasti ada data”, ujar pengamat intelijen Wawan Purwanto ketika dihubungi detikcom, Rabu (14/5/2008)

    Gejala penunggangan dalam demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM tersebut, lanjut Wawan, sudah tampak. “Apalagi kalau pernyataan resmi seorang kepala BIN, bukan kira-kira. Pasti ada suatu konklusi yang jelas dengan operasi lapangan,” tutur Wawan.

    Secara politis, imbuh dia, momentum kenaikan BBM ini memang ditunggu untuk memukul pemerintah. Apalagi, BBM menguasi hajat hidup orang banyak yang sebagian besar rakyat kecil. Ujung-ujungnya masalah perut “Kalau sudah menyangkut rakyat kecil, masalah perut, itu ladang paling empuk untuk dipukul. Perut nggak bisa nunggu. Ini sudah diincar kalangan tertentu untuk merebut simpati”, ujar dia.

    == Komentar/Tanggapan ==

    Sekarang kita kembalikan saja ke proses demokrasi di Indonesia, dimana kita “diharuskan memilih” supaya tidak golput, demi berjalannya mesin demokrasi di Indonesia. Sedangkan pada saat ini dikala masyarakat menderita pun dan sangat-sangat menderita mereka di atas sana berdalih dengan berbagai macam cara untuk memecah konsentrasi keinginan masyarakat, memecah kemauan publik dengan cara-cara khas Orde Baru (Tentara), bukan dengan cara hati dan dialog. Berusaha melenakan masyarakat kemudian “mencuri” dan “mengambil” hak hidup dengan terang-terangan.

    Untuk masalah BIN sendiri pun saya juga mengusulkan kalau bisa diaudit juga bener-bener. Mereka itu bener-bener milik bangsa Indonesia atau tidak. Mengapa pada waktu terjadi penjualan 44 perusahaan Indonesia ke asing mereka gak keluar. Mengapa hal-hal yang krusial mereka sering gagal tugas. Dan sekarang BIN berkesan seperti anjing herder untuk menghadapi masyarakat. Dan disinyalir sebenarnya (info yang saya dengar dan sangat-sangat valid) di BIN sendiri sudah berdiri kerajaan kroni, karena itu bentukan dari jaman dahulu dan itu belum tersentuh roda reformasi.

    Proses demokrasi ala jawa dahulu dimana masyarakat yang mengalami masalah atau mau protes, mereka datang ke alun-alun kerajaan. Disana mereka hanya berdiri saja disana saja. Terkadang sampai beberapa hari. Mereka tidak bawa spanduk. Mereka hanya diam saja. Toh raja pun yang notabene punya rumah di sebelah alun-alun datang kepada mereka mengajak dialog, apakah mereka memiliki suatu keluhan dan permasalahan.
    Sedangkan era sekarang apabila masyarakat sudah bersusah payah demo, naik kendaraan jauh-jauh. Membawa spanduk. Toh dipolitisir sedemikian rupa. Yang saya takutkan cuman satu, bagaimana kalau terjadi penyumbatan arus informasi (keluhan/penderitaan) publik kepada pemerintah. Dan itu meledak. Karena disinyalir posisi kehidupan sangat berat. Tingkat kejahatan / kriminalitas bisa meledak. Siapkah polisi, Siapkah aparat, Siapkah pemerintah ??? Dan lagian kriminal meledak gara-gara gak bisa makan/ bukan karena jahat.

    someone

  109. Wah lagi pingin nulis lagi nieh… bisa kasih kelakar dan tanggapan seadanya….
    Bahan buat mas bustanus lagi neh…. dan yang lain2

    detik.com – 15/05/2008 23:08 WIB
    Laporan dari ISSM XI, Delft
    Krisis Energi, Iklim dan Pangan Harus Jadi Perhatian

    Delft-Dunia kini menghadapi isu-isu krusial, seperti kenaikan harga minyak perubahan iklim dan krisis pangan. Hal ini harus menjadi perhatian kaum pelajar dan profesional.

    JE Habibie (Dubes RI untuk Kerajaan Belanda), mengingatkan bahwa kenaikan harga minyak saja sudah membawa konsekuensi-konsekuensi serius bagi banyak negara di dunia.

    “Baru beberapa hari lalu harga minyak mencapai US$ 120/barel, ini level tertinggi sepanjang sejarah,” ucap Habibie

    Ditambahkan bahwa pada saat bersamaa terjadi kekurangan pangan di banyak belahan dunia. Fenomena ini telah menciptakan ketakutan akan krisis pangan global, terutama di negara-negara berkembang.

    “Dilema lain yang sedang kita hadapi saat ini adalah pemanasan global akibat polusi tinggi dan pembangunan yang dilaksanakan dengan cara belum berkelanjutan,” tandasnya.

    ——-

    detik.com – 16/05/2008 – 00:01 WIB
    Laporan dari ISSM XI, Delft
    Kalau Demo ke KBRI Saya Lempar Batu Kalian!

    Delft – Krisis energi dan mahalnya pangan tidak hanya menimpa Indonesia, tapi juga banyak negara di dunia. Kalau demo de KBRI saya lempar batu kalian!

    Hal itu disampaikan Dubes RI Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Belanda JE Habibie dalam sambutan pembukaan perhelatan ilmiah pelajar dan profesional, 13-15 Mei 2008

    Di depan para profesor pembicara kunci, satu utusan dari kabinet Belanda dan partisipan ISSM, Habibie menggunakan sekitar 30% waktunya untuk menjelaskan dan membela kebijakan pemerintah SBY terkait rencana menaikkan harga BBM beserta segala resikonya.

    Dia menyinggung aksi demo mahasiswa di berbagai kota, terutama di depan istana sampai menginap segala, sebagai bukan solusi bagi kesulitan yang sedang dihadapi negara dan rakyat Indonesia.

    “Tidak ada pemerintah yang mau menyengsarakan rakyatnya. Harga minyak memang sudah gila-gilaan. Sementara konsumsi kita jauh lebih banyak dari produksi, akibat ada gap besar dalam APBN karena harus impor. Mau ambil uang dari mana? Mikir dong!, kata Habibie dengan nada lantang.

    Menurut Habibie, tidak seyogyanya pelajar turun ke jalan-jalan meluapkan emosi, melainkan harus datang dengan argumen dan konsep konkrit.

    “Silahkan adu konsep dengan pemerintah. Nanti dilihat mana yang paling baik untuk diaplikasikan. Silahkan debat di KBRI, juga ok. Jadi untuk kalian jangan mencoba-coba mendemo KBRI. Kalu demo ke KBRI saya lempar batu kalian!”, kelakar Habibie, yang mencairkan suasana serius dan formal menjadi ger-geran.

    === TANGGAPAN / KOMENTAR AJAH ===

    Terdapat ungkapan dari berita diatas….
    “Baru beberapa hari lalu harga minyak mencapai US$ 120/barel, ini level tertinggi sepanjang sejarah,”
    Disini kita bicara mengenai harga dimana otomatis berhubungan dengan hukum permintaan dan penawaran dan itu pun masih mungkin dimanipulatif gara-gara isu ataupun permainan modal besar misal penimbunan BBM oleh salah satu negara misalnya.

    Apa hal yang bisa menurunkan harga salah satunya yang terjelas adalah permintaan….. (secara normal)

    Bila kita lihat secara mendalam ternyata harga yang tidak karu-karuan tersebut hanya menyentuh di komoditi yang sudah tercantum secara internasional, yang notabene ada beberapa yang diproduksi oleh negara-negara besar (Barat). Coba kita lihat bahan pangan kita selain beras, jagung atau apapun yang tidak termasuk komoditi dunia. Harganya tetap rendah (terjangkau) khan.

    Sehingga untuk mengatasi masalah pangan sebenarnya masyarakat di Indonesia dapat memilih banyak alternatif tanaman pangan. Bukankah di masing-masing daerah di seluruh Indonesia pun juga tersedia makanan pokok masing-masing khan. Dan itu mungkin hampir terlupakan karena proyek berasisasi pada waktu Orde Baru dulu, sehingga masyarakat Indonesia rame-rame jadi penikmat beras semua.

    Sebenarnya kita harusnya bersyukur hidup di Indonesia dimana tersedia keanekaragaman pangan yang luar biasa. Sebenarnya dari situlah bisa dijadikan suatu basis pangan diri dan basis pengembangan bisnis juga. Bisa jadi mie instan yang memakai bahan gandum (notabene impor) bisa dibikin dari sagu misalnya, karena keahlian bio pangan dari IPB misalnya. Atau mungkin lainnya dimana itu merupakan kemakmuran hayati kita.
    Tidaklah berkurang martabat kita sebagai bangsa gara-gara makan ketela, sagu ataupun dari tanaman bumi pertiwi ini. Stigma jaman dahulu kalau tidak makan roti gak modern, atau hal-hal lain saya rasa sudah jauh berkurang sekarang ini. Karena pada prinsipnya ya tetep ngisi perut.

    Dengan cara begini, secara tidak langsung kebangkitan pangan hayati dalam negeri akan semakin berkembang, syukur-syukur dapat dijadikan suatu bisnis lain. Dengan pola geografis yang beraneka ragam dapat pula diamati tanaman pangan yang mampu bertahan hidup tempat tersebut. Misal ada suatu tanaman pangan yang mampu bertahan di tempat kering, dapat dibudidayakan di tempat lain juga. Syukur-syukur diekspor ke ethopia biar orang sana gak kelaparan.

    Cuman satu kerisauan mendasar adalah, tetap lah menjaga hak ulayat (adat). Jangan lepaskan ke tangan kapitalis (asing/DN). Terapkan sistem sewa saja. Karena ditakutkan hal ini juga terjadi dimana terjadinya pembelian lahan kelapa sawit di Indonesia oleh pengusaha Malaysia dan lain-lain. Sehingga hak milik tanah tergadaikan bisa dalam tempo tertentu atau selama-lamanya. Hak ulayat (adat) adalah warisan dari leluhur kita sebelumnya yang sudah akrab dengan alam. Jagalah itu.
    Sehingga apabila diterapkan ya perlahan-lahan permintaan beras menurun. Kasian itu importir pesen beras terus… entah untungnya buat siapa kita juga gak tau khan.

    Mengenai BBM yang disebut juga krisis energi….
    Sebenarnya di Indonesia banyak energi. Yang kerap bersentuhan dengan bidang energi adalah PLN yang menyuplai listrik. Masalah bahan bakar minyak untuk suplai PLN, seyogyanya dikurangi terus menerus dan melakukan efisiensi. Dan PLN pun sudah melakukan terus menerus. Tapi untuk mereduksi secara besar gunakan teknologi untuk mengolah energi alam seperti gelombang laut (sangat cocok untuk supply listrik di kepulauan2 di Indonesia). Memang mungkin berat di awal karena butuh investasi untuk penelitian. Tetapi kalau mau efisiensi biaya riset harus mau gak mau diadakan. Dan memang boleh dikata untuk urusan research di Indonesia memang mandul sih mendingan beli dari luar. Hehehehe.

    Dan mungkin banyak yang bisa dikaji alternatif yang lain yang bisa mengurangi bahan bakar fosil untuk pabrik-pabrik.
    Untuk transportasi memang sulit direduksi karena ini menyangkut urat nadi perekonomian. Sehingga apabila BBM Naik maka akan mempengaruhi semua sektor dan lini. Apalagi memang kendaraan semua sekarang memakai bahan bakar itu.

    Sehingga apabila BBM tidak naik minimal bisa menjaga agar barang-barang harganya tetap, sambil ditemukan solusi untuk melakukan penghematan dan efisiensi sehubungan dengan energi di semua lini perekonomian termasuk pemerintah sendiri.

    Nanggepin yang terakhir ….
    “Tidak ada pemerintah yang mau menyengsarakan rakyatnya. Harga minyak memang sudah gila-gilaan. Sementara konsumsi kita jauh lebih banyak dari produksi, akibat ada gap besar dalam APBN karena harus impor. Mau ambil uang dari mana? Mikir dong!, kata Habibie dengan nada lantang.

    Kalo masalah uang rakyat gak mudeng boss…. Diatas sana khan banyak pedagang tuh yang jadi pejabat… suruh ajah mereka nyumbang satu-satu… Kalo udah berani jadi pejabat negara khan harus mau berani berkorban khan…. Jangan rakyat terus yang dipaksa berkorban….
    Yang jelas so pasti mereka masalah urusan duit pasti lebih pinter karena mereka memang ahlinya….
    Hehehe….

    Ini hanya sekedar saran, kalau salah ya maaf yah lha mudengnya baru segini jeh. Mungkin banyak pakar-pakar lain yang bisa nerusin. Mo ngopi-ngopi dulu sambil makan cemilan dulu ah.

  110. setiap usaha/jerih payah adalah setimpal dengan yang diusahakan. kalau yang dilakukan adalah keliru akan dapat kekeliruan pula. pandai-pandailah bersyukur dengan apa yang didapat dan tidaklah adil menuntut sesuatu yang baik tanpa berusaha mendapatkan dengan cara yang baik.
    kalau seseorang biasa meneriaki dan mengumpat orang lain adalah wajar jika mendapatkan hal yang sama (diteriaki dan diumpat).

  111. BUAT KALIAN SEMUA YANG ADA DI BLOG INI,, BERANIKAH KALIAN BERSUMPAH DEMI ALLAH UNTUK MEMBENARKAN SETIAP PERNYATAAN TAFSIR YANG KALIAN LONTARKAN,, YANG JIKA PERNYATAAN TERSEBUT ADALAH PERNYATAAN YANG DUSTA MAKA ADZAB ALLAH AKAN DATANG KEPADA KALIAN YANG MEMBUAT PERNYATAAN DUSTA,, berfikirlah seribu kali saudaraku, dalam memberi fatwa atau tafsir yang berhubungan dengan KEBENARAN ilmu Allah…

  112. Tafsir seorang manusia sejalan apa yang dimengerti. Dan berdoalah agar kita sebagai manusia diberi hidayah dari Allah untuk dimudahkan dan dimengerti untuk membaca tanda-tandanya. Tanpa bersumpah pun sesuai hukum alam dan karma sendiri kesalahan akan dusta akan kembali kepada yang mengucapkan. Akan tetapi apabila itu kebohongan pun terpaksa dilakukan demi Allah, dan memohon ampun kepadanya untuk kemaslahatan atau kepentingan yang lebih besar mungkin bisa dimaafkan.
    Harap yang menjadi catatan adalah, bahwa kita sebagai manusia ini adalah umat yang teramat lemah dan dekat dengan kesalahan.

    Tapi bukannya dengan kelemahan itu mengakibatkan kita takut untuk bersikap. Tenang saja karena semua itu ada kadarnya dan aturannya. Selama kita wajar dan tidak berlebih-lebihan Insya Allah tetap akan diridloi, karena ini semua sebagai perwujudan pencarian kita sebagai seorang hamba untuk lebih mengenal kepadaNya melalui laku-laku hidup yang kita lalui saat ini.

    …Peace…

  113. Pencarian dan kedapatan suatu kebenaran adalah setelah seseorang berani mencoba dengan berulang kali melakukan kesalahan-kesalahan baik secara pribadi, lingkungan ataupun masyarakat dengan membaca sejarah-sejarah yang ada, untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh Gusti. Dari situlah kita akan lebih memahami Zat yang Maha Hidup. Lebih mengenalNya dan berusaha untuk mencintaiNya. (Maaf kalo tafsir saya ngawur yah)

  114. On Mei 16, 2008 at 2:00 pm cabe rawit Said:

    BUAT KALIAN SEMUA YANG ADA DI BLOG INI,, BERANIKAH KALIAN BERSUMPAH DEMI ALLAH UNTUK MEMBENARKAN SETIAP PERNYATAAN TAFSIR YANG KALIAN LONTARKAN,, YANG JIKA PERNYATAAN TERSEBUT ADALAH PERNYATAAN YANG DUSTA MAKA ADZAB ALLAH AKAN DATANG KEPADA KALIAN YANG MEMBUAT PERNYATAAN DUSTA,, berfikirlah seribu kali saudaraku, dalam memberi fatwa atau tafsir yang berhubungan dengan KEBENARAN ilmu Allah…

    komentar:
    jika sumpah demi allah maka allah maha pengasih dan penyayang.

  115. On Mei 15, 2008 at 12:31 pm someone Said:

    Untuk masalah BIN sendiri pun saya juga mengusulkan kalau bisa diaudit juga bener-bener. Mereka itu bener-bener milik bangsa Indonesia atau tidak…..

    Hmmm… anggep saja obrolan aja yah… sebatas uneg2 ajah…

    Seperti kita ketahui bersama… bahwa dalam perjalanan suatu negara atau bangsa pasti tidak lepas dari dunia intelijen. Dimana orang-orang yang menduduki area tersebut pastilah orang yang super lah dalam segalanya termasuk wawasan kebangsaan, keahlian secara teknis, wawasan, dan intelektual.

    Sebelum terjadinya suatu perang secara sesungguhnya, biasanya perang pun sudah bermain di level ini. Dan itu sering ditunjukan dalam film-film barat yang kita tonton tentunya dan yang pasti seru (James Bond etc).

    Dalam menghadapi era reformasi pasca kejatuhan Pak Harto 1998, terasa sekali Indonesia mengalami kemunduran, sehingga mudah diombang-ambingkan. Apakah ini dikarenakan memang tidak ada komando, ataukah memang ada suatu kepentingan-kepentingan tertentu.
    Hal ini dapat terlihat dengan jelas dan nyata pada waktu ekonomi Indonesia memasuki rebounce (atau menaik kembali setelah pasca krisis moneter 1998, dimana rakyat dapat bangkit dengan kekuatan sendiri dengan perlahan-lahan. Indonesia dilanda isu terorisme yang sangat kuat. Terjadi pemboman disana-sini. Di Bali dan Jakarta, dimana yang diincar adalah turis asing (australia banyak jadi korban). Mengapa pada waktu itu tahun 2004 bisa dengan mudah teroris masuk. Apakah intelijen kita tidur atau memang diperalat atau memang ada konspirasi internasional di balik itu. Apalagi pada waktu itu menjelang pilpres demokrasi pertama yang akhirnya menaikan SBY dimana asumsi pada waktu itu menjadi jadi icon penyelamat atas terorisme di Indonesia. Ataukah memang kejadian ini disusun sedemikian rupa sehingga menggiring opini masyarakat umum secara nasional ke arah itu? Apakah ini salah satu skema untuk mendeskreditkan umat Islam juga?
    Bila kita tilik dari sejarah… ternyata dunia intelijen di Indonesia tidak jauh lepas dari peran serta Amerika. Banyak para pejabat / jendral yang mahir dibidang intelijen di sekolahkan di Barat pada waktu itu (era Soeharto) sehingga sedikit banyak doktrin intelijen, kontra terorism, dan pemahaman terorisme pun mereka sangatlah paham.

    Ngomong-ngomong mengenai masalah CIA pun, ternyata setelah 30 tahun berlalu, dokumen-dokumen intelijen pun diungkapkan kepada publik termasuk waktu kejadian pembunuhan JF Keneddy. Sehingga masyarakat secara gamblang tahu kejadian tersebut. Dan hal-hal lainnya. Tapi anehnya kenapa perihal operasi Intelijen di Indonesia tidak diungkap. Apakah ini juga menyangkut hal ikhwal awal “perjanjian rahasia” antara Indonesia (soeharto) dengan proyek-proyek mega besar di Indonesia (seperti FreePort) dengan masuknya Soeharto jadi Presiden waktu itu? Apakah data itu masih tersimpan di Intelijen?

    (Ini hanya sebatas komentar bebas saja, dugaan dan utak-atik gathuk ala wong jowo, kalau salah yo mohon ampun, sekadar pingin nulis ajah, terima kasih)

  116. Oh ya satu lagi… pas Bom Bali II kalau kita boleh mengingat ternyata kejadiannya bersamaan dengan kenaikan BBM tahun 2005. Herannya kok bisa pas bareng yah…. just for review ajah.

  117. Sabtu, 17/05/2008 15:15 WIB
    Iran: Suplai Minyak Sudah Sangat Berlebihan

    Jakarta – Tambahan produksi minyak seperti yang diminta Amerika Serikat terhadap negara-negara OPEC tidak akan mampu meredam laju harga minyak yang saat ini meningkat tajam.

    Menteri Perminyakan Iran Gholam Hossein Nozari mengatakan peningkatan produksi yang dilakukan OPEC hanya akan menambah cadangan minyak OPEC saja.

    “Jumlah suplai minyak di pasar sudah sangat berlebih, jadi peningkatan produksi tidak akan mempengaruhi harga,” ujarnya menjawab pertanyaan apakah peningkatan kapasitas OPEC akan menurunkan harga minyak yang saat ini menyentuh US$128 per barel, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (17/5/2008).

    Seperti diketahui, Presiden AS George W. Bush mendorong produsen minyak OPEC terbesar yaitu Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya.

    Arab Saudi sendiri mengatakan suplai minyak dunia saat ini sudah seimbang dengan jumlah permintaan dan Arab Saudi telah meningkatkan produksinya sebesar 300 ribu barel per hari pada bulan ini. Iran sendiri saat ini merupakan negara nomor 2 di OPEC, dan menempati posisi 4 besar eksportir minyak di dunia.

    Kamis 22/05/2008 10:04 WIB
    Minyak Melaju Cepat ke USD 135

    Laju harga minyak mentah dunia langsung hingga ke level USD 135 per dollar AS.
    Pada perdagangan Kamis (22/5/2008) per dolar AS.

    Pada perdagangan Kamis (22/5/2008) di Singapura, kontrak utama minyak jenis light pengiriman Juli sempat melonjak hingga USD 135,04 per barrel, sebelum akhirnya USD 134,87 per barel. Di New York kemarin, kontrak ini ditutup melonjak hingga 4,10 dollar ke level USD 133,17 per barel.

    Sementara minyak Brent untuk kontrak Juli juga melonjak hingga 1,80 dolar ke level USD 134,50 per barel, atau memecah rekor tertinggi sebelumnya USD 133,34 per barel.

    Harga minyak makin mengamuk sehubungan dengan kuatnya permintaan global, serta anjloknya
    cadangan energi AS yang melebihi ekspektasi pasar.

    “Harga minyak juga diuntungkan dari terus melemahnya dolar AS”, demikian komentar dari Commonwealth Bank of Australia seperti dikutip dari AFP, Kamis (22/5/2008)

    Departemen Energi AS melaporkan cadangan minyak mentahnya untuk pekan yang berakhir 16 Mei Anjlok 5,4 juta barel menjadi 320,4 juta barel. Cadangan bensin anjlok 80.000 barel
    menjadi 209,4 juta dari ekspektasi semula kenaikan cadangan 250 ribu barrel.

    Kabar cadangan minyak mentah dan bensin itu menjadi sangat sensitif bagi pasar. Apalagi AS akan menghadapi libur musim panas dalam beberapa hari ke depan, yang akan meningkatkan
    permintaan.

    “Data cadangan minyak AS akan terus memberi tekanan pada harga minyak mentah yang kini sudah berada di rekor tertingginya”, ujar IFR dalma catatan kepada kliennya

    == KOMENTAR ==

    Berdasarkan apa yang menteri perminyakan Menteri Perminyakan Iran Gholam Hossein Nozari, menunjukan bahwa sebenarnya supply minyak secara dunia adalah dalam kondisi normal. Melambungnya harga minyak dewasa ini adalah “permainan” Amerika Serikat melalui informasi cadangan minyaknya, yang semakin menipis. Dimana kita ketahui kondisi ekonomi Amerika saat ini sedang memasuki masa resesi yang otomatis permintaan minyak tidak akan begitu banyak. Bisa jadi penurunan cadangan minyak tersebut karena terjadinya penimbunan minyak di Amerika sendiri.

    Kondisi resesi yang begitu akut di Amerika membuat Amerika mengajak negara-negara yang lain untuk ikut bangkrut. Sebenarnya kenaikan harga minyak ini akan memukul sektor ekonomi mereka sendiri. Tetapi pilihan itu tetap dilakukan karena tidak ada pilihan lain buat mereka.

    Sedangkan untuk kondisi di Indonesia dimana pemerintah secara aturan global perdagangan dalam tataran wajar dan cenderung berkelakuan seperti anak baik terhadap dunia luar, sekarang ini waktunya untuk berani menunjukan sikap dengan cara mencari celah atau cara untuk menyikapi hal ini.
    Turbulensi ini sebenarnya tidak berlangsung lama karena suatu harga yang melambung tinggi pada akhirnya akan turun juga mengikuti kondisi sesungguhnya. Sehingga pada waktu kondisi kembali normal bagi mereka yang terjebak “kalah” akan merasakan sakit yang luar biasa. Dan menurut feeling saya sekitar Agustus sudah normal kembali (biar terkesan klenik hehehe).

    Mengenai perdagangan internasional bisa juga dilakukan terobosan untuk mengontak langsung ke negara-negara produsen minyak dalam hal ini Iran misalnya untuk melakukan supply ke Indonesia dengan harga yang terjangkau, dengan perjanjian tertentu misalnya antar negara sesama muslim. Sehingga perdagangan tidak melewati mekanisme perdagangan global yang harga saat ini dikendalikan oleh Amerika Serikat (menguasai minyak Irak), sembari Indonesia memperbaiki diri dan melakukan efisiensi.

    Yang kedua memaksa Industri Minyak dalam negeri yang notabene berada dalam wilayah kedaulautan Indonesia untuk menjual minyak yang terjangkau oleh rakyat. Kalau mereka berkilah ya dipaksa saja, karena pada kenyataannya mereka hidup dan menghisap minyak dari bumi pertiwi ini.

    Yang jadi permasalahan beranikah pemerintah Indonesia yang kemarin “SANG PRESIDEN” menyatakan “INDONESIA BISA”… ??? BISAKAH SEORANG PRESIDEN MANTAN ABRI BENAR-BENAR JADI PATRIOT SEJATI BANGSA….. yang berani mengungkapkan INDONESIA BISA…???
    Kalaupun Indonesia di embargo-pun saya rasa masih tetep bisa hidup kok rakyatnya, karena Indonesia sangat luas dan kaya sumber daya alamnya. Mungkin ini bisa dijadikan suatu momen awal untuk kebangkitan Nasional dimana tidak terikat dengan bangsa Asing dan mampu hidup diatas kaki kita sendiri.

    Jayalah selalu Indonesiaku

    someone

  118. On Mei 22, 2008 at 11:50 am someone Said:
    ……. Dan menurut feeling saya sekitar Agustus sudah normal kembali (biar terkesan klenik hehehe)
    ……..

    komentar:
    agustus masih mblandang akibat efek berakhirnya kalabendu (maret 2008), hanya mblandangnya flat bukan menukik

    ****************************************************************
    Yang jadi permasalahan beranikah pemerintah Indonesia yang kemarin “SANG PRESIDEN” menyatakan “INDONESIA BISA”… ??? BISAKAH SEORANG PRESIDEN MANTAN ABRI BENAR-BENAR JADI PATRIOT SEJATI BANGSA….. yang berani mengungkapkan INDONESIA BISA…???

    komentar:
    yang namanya pedagang tidak mau rugi, nanti bisa dilihat setelah mereka (para pejabat) tidak menjabat, kekayaannya bertambah atau berkurang?.
    kalo kekayaan mereka bertambah dan rakyat makmur, mereka semakin ingin menambah kekayaan.
    kalo kekayaan mereka bertambah dan rakyat sengsara, mereka menganggap wajar karena pedagang tidak mau merugi. ( menurut jongko JOYOBAJUL, mereka disebut SATRIO PAMBUKANIG RAKYAT REMUK}
    yahh mirip jaman setelah Sultan Agung Mataram ( kalo gak salah amangkurat ke berapa yaa?)

    Kalo kekayaan mereka berkurang/minimal tidak bertambah dan rakyat makmur, memreka pantas disebut SATRIO PAMBUKANING GAPURO, YANG MEMPERSIAPKAN KEMAUJUDAN IMAM AL MAHDI, tapi itu tidak mungkin bagi mereka, sebab mereka akan bilang,”kalo berdagang mengandalkan takhayul bakal merugi”.

    mereka sangat meyakini bahwa mereka telah bersedekah dan menunaikan zakat, tapi mereka tidak berani membuang saparoh hartanya (bukan lumpur) buat BLT sebab mereka khawatir disebut ORANG SOMBONG, “ORANG SOMBONG KAWAN SETAN”,katanya.

  119. bahasa orang bermasalah dengan kemiskinan dan kesenjangan sosial seperti diatas tidak menunjukkan semangat dan tekad untuk memperbaiki keadaan.. tentunya dengan berusaha sebaik mungkin mengatasi masalahnya.
    ketika seorang teman menghadapi masalah besar, peran bijak apa yang mesti dilakukan teman?
    ternyata bukannya dibantu memecahkan masalah, malah semakin ditekan dan dijerumuskan… mengapa?
    persaingan elit menjadikan teman sebagai lawan dan kelemahan lawan jadi sasaran untuk dijatuhkan tanpa sadar lawan yang sesungguhnya sedang mengintai untuk menjatuhkan ekonomi suatu bangsa.
    persaingan, rasa iri telah membutakan tujuan mulia yang justru menjadi tindakan khianat pada tujuan bersama.
    pada pak Wiranto… anda tidak punya solusi (apalagi solusi terbaik?) pada masalah BBM dan sudah kalah (terukur) sebelum bertanding.
    apa yang akan kita pandang 5,10,25,50,100 tahun ke depan? Mari bersama-sama belajar bersikap dewasa, berpikir baik dan bertindak bijak.

  120. Setelah mengamati ternyata BBM akhirnya naik juga hari ini, terasa perasaan haru dan berat untuk memandang hari-hari ke depan. Terutama untuk masyarakat kecil dan ekonomi pas-pasan.
    Untuk BLT smoga pemerintah sesuai janjinya dapat menyalurkan dengan benar. Dan dapat meredam gejolak di daerah. Usahakan selalu jujur dan terus terang dan segala sikap. Karena itu satu-satunya sikap yang dimiliki bagi masyarakat dalam melampaui ekonomi yang berat ini. Sehingga kesulitan ini bisa dijadikan sebagai ajang pembersihan buat diri kita semua, untuk mawas diri, atas keterlenaan kita selama ini.

    Sebelumnya bagi yang merasa tersinggung atas komentar saya sebelumnya, mohon maaf, hal itu tak lain hanyalah menunjukkan bahwa kita semua sebagai bangsa tetap memiliki sebuah solusi atas segala permasalahan, walaupun itu paling sulit dan absurd sekalipun asal kita mau berpikir dan menggunakan segala kesempatan yang ada yang sekarang ini sering kita abaikan sebagai suatu bangsa dan negara. Karena kita lebih asik masyuk berkumpul dengan angan2 kita sebagai sebuah kelompok atau secara pribadi.

    Alhamdulilah juga event kenaikan BBM ini sebagai suatu masa yang harus dilalui dapat berjalan dengan wajar tanpa intervensi Bom ataupun perilaku para intelijen dan tentara, sehingga kejujuran dan hatilah yang berbicara kali ini.

    Untuk para DPR dan DPRD ingatlah bahwa anda berdiri di atas rakyat. Anda dipilih oleh rakyat. Kalaupun BBM naik ini pun karena anda-anda semua telah menyetujui sebelumnya. Walaupun setelahnya anda menolak semua setelah sadar bahwa kondisi rakyat sangat tertekan untuk kenaikan BBM ini. Ingat dan pekalah bahwa anda, gaji anda, darah anda, jiwa anda akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan YME, karena anda bersedia memikul tanggung jawab sebagai wakil rakyat. Kalau anda tidak sadar maka karma tidak akan berefek pada anda saja, tetapi juga akan berimbas pada keluarga dan keturunan anda juga karena ikut menikmati harta yang tidak semestinya.

    Alhamdulilah juga setelah baca di detik.com ternyata ada terobosan BioMigas dengan nama Blue Energy, atau BanyuGeni dimana mengolah air menjadi BBM dengan reaksi kimia tertentu yang berhasil ditemukan oleh ilmuwan bangsa kita di Yogya. Semoga bisa dikembangkan terus, karena sesungguhnya Indonesia sangat kaya akan energi, dan pangan. Wujudkan karena itu sebenarnya dan menjadi kenyataan.

    Semoga bangsa ini menjadi semakin baik dan tangguh
    Mahardika, Jayalah Indonesiaku

    someone

  121. Weleh-weleh pak polisi….
    buat nanggapi demo mbok yang bener ajah…. gak mungkin orang demo itu orang teler lah…. telernya paling2 ya gara-gara demo mogok makan… kurang makan geto. Gak gara-gara ngepil (psikotropika) dan ganja. Lagian kalo yang punya gituan tuh ya rata-rata orang punya duit atuh. Gak mahasiswa yang kondisi ekonomi pas2an, sehingga terpaksa harus demo BBM.

    Apa mau dibikin move supaya semua mahasiswa yang demo itu orang-orang teler, gak berpendidikan, gak mikir, gara-gara kebanyak ngepil sama ngganja. Lagian kalo masalah stok psikotropika en ganja polisi khan jagoannya. Lha memang semua khan muaranya kalo ketangkep masuk ke kepolisian semua khan. Jadi kalo hanya bikin move barang bukti gampang banget, pake aja intel yang muda pake pakaian mahasiswa, selesai…..

    Udah deh gak usah aneh-aneh… masyarakat lagi susah gene mau ditambahi isu en move aneh-aneh. Jangan bikin situasi tambah gak enak… karena barusan saja kita ngerasain beratnya kenaikan BBM.
    Kalo masalah bakar ban sama bom molotov masih nalar itu.

  122. waktu masih SMA suka tawuran, prestasi pas-pasan… masih untung bisa kuliah meskipun swasta tapi sayang tabiat buruk lempar batu masih dibawa-bawa. kalau kampus ramai ngadain event lomba/panggung gembira itu baru kreatif dan positif.
    jangan terlalu menyudutkan pihak berwajib karena situasi di lapangan cepat berubah. mestinya yang berada di lapangan yang berhak bicara. kalau yang lainnya biasanya sudah memelintir berita.
    demonstran mahasiswa sekarang tidak bisa mengatasnamakan rakyat dan mahasiswa seluruhnya.
    tugas mahasiswa tetap saja belajar dan tugas polisi menjaga ketertiban dan keamanan. OKE!

  123. Pada waktu masih sekolah di tingkat dasar SD sd SMA memang benar tugas anak didik adalah belajar. Tetapi setelah mahasiswa tetaplah harus berinteraksi dengan dunia luar. Agar dapat menjadi manusia yang seutuhnya dimana secara akal pikir memiliki kompetensi tinggi dan memiliki juga sikap sosial untuk ikut membangun masyarakat atau istilah kerennya pada waktu kuliah sebagai “agent of development”

    Seorang mahasiswa yang belajar dan mengejar IP tinggi tanpa memiliki kepekaan sosial pada waktu bekerja lemah nuraninya, dan ikut arus perusahaan dimana dia bekerja saja. Sehingga tidak ada bedanya dunia pendidikan menghasilkan robot-robot pintar saja.

    Kalau masalah ditunggangi dan lain-lain saya rasa itu semua memungkinkan. Tinggal kita melihat realita saja lah. Kalau memang itu tidak sesuai nurani masyarakat ya otomatis ditunggangi kayak apapun juga akan tumbang kok isunya. Kecuali kalo mereka memang benar-benar kaya mau bayar itu demonstran, tapi sampai berapa lama. Ya kita tinggal amati saja lah berapa lama demo ini berlangsung. Semakin lama berarti semakin memperkuat bahwa nurani yang berbicara.

    Someone

  124. lihatlah dunia wahai para buta! jika mensikapi dengan bijak tidak bisa apalagi mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dunia? akankah kita akan survive atau jatuh?
    kampus sebagai wadah disiplin keilmuan masih diharapkan hasil studi maupun penelitiannya dengan penemuan-penemuan yang menggembirakan.
    Siapa yang tidak prihatin dengan perilaku ‘preman terdidik’ dan apa yang masih bisa diharapkan?
    kalau bicara soal nurani… tanya pada ahlinya… terutama yang biasa makan 1xsehari.

  125. Berjumpa lagi deh disini…
    Kemarin sempat ngobrol duduk-duduk di warung kopi, ngebahas macam-macam lah….

    Eh ternyata ada info baru yang cukup bikin kaget… berdasarkan info salah satu temen yang punya saudara di pertamina… bilang gini….
    Memang aneh kalo harga minyak dunia naek kita ikutan2 naek karena kita bukan pengimpor murni. Tapi juga pengekspor juga.
    Jadi ada kesan kalo kita impor harga naek ikut-ikutan juga karena aji mumpung.
    Yang bikin kaget lagi… ternyata minyak dari bumi kita ini termasuk kelas premium light, dimana kualitasnya lebih tinggi daripada minyak impor dari luar (umum), alhasil harga jualnya sebenarnya jauh lebih tinggi. Dan ini sebenarnya pernah diucapkan oleh Pak Kwik Kian Gie dulu. Dan masalah perminyakan ini memang slintat-slintutnya orang pertamina sama pemerintah seh…. Dan ini very-very confidential…

    “Memang lebih enak jualan kapling minyak seh daripada usaha sendiri buat belajar eksplorasi sendiri, Tinggal kipas-kipas terima duit, gak pake keringet lagi… hehehehe….”

    Lagian pengusaha kita yang lagi asik2nya duduk di pemerintahan khan juga lagi asik jadi juragan minyak juga, contohnya Aburizal Bakrie dengan lapindo (minyak)-nya, en tentu Boss besar Yusuf Kalla donk… hehehehe….
    Ya ini sekedar info saja, bisa saja salah… tapi kalo dinalar sih ya banyak benernya… Gitu aja broer… memang lagi pingin bagi-bagi rejeki info ajah… peace

  126. cocok tuh sama yg mas setan beriman bilang,intinya manusia kalo makan bangku sekolahan n dididik cuma supaya pinter itu yah nanti ahlinya minterin orang lain dan berlaku kuminter………….,kalo ditinjau dari sudut hati nurani,berani bilang,yg sungguh2 peduli itu dari 1000 orang yang demo cuma 1!.

  127. Demo ngumpulin sisa potongan pohon aja, siapa tau bisa sampai rumahnya gembala yg dibelakang sungai pintunya setinggi batu. Walo sulitnya minta ampun ngajak petani pakai “sampah”, namun asyik sambil minum teh pahit, drpd minum TEH BOTOL (tehnokrat bodoh tolol)

  128. On Mei 31, 2008 at 2:11 am Endang Said:

    ……………………Walo sulitnya minta ampun ngajak petani pakai “sampah”, namun asyik sambil minum teh pahit, drpd minum TEH BOTOL (tehnokrat bodoh tolol).

    *hehehehe……….


Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: